Berikut ini Arti Logo dan Lambang Koperasi Indonesia beserta Dasar Hukumnya

5 min read

logo koperasi indonesia

Pada tahun 2012 logo koperasi indonesia mengalami perombakan yang cukup signifikan dari yang sebelumnya.

Logo koperasi indonesia dulunya berbentuk lingkaran ada gambar pohon beringin, kapas, rantai dan lain-lain, kini berubah menjadi susunan bidang segi empat yang di dominasi warna hijau.

Logo Koperasi Baru

logo koperasi baru
armadilloaccounting.com

Adapun perubahan dan juga penggunaan logo koperasi telah diatur dalam Peraturan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Menengah Nomor: 02/Per/M.KUKM/IV/2012 : 17 April 2012 Tentang :Penggunaan Lambang Koperasi Indonesia.

Sejak dikeluarkannya peraturan tersebut, maka sejak tanggal 12 Juli 2014 lambang koperasi yang lama sudah tidak digunakan lagi, sekarang menggunakan logo koperasi terbaru yang sudah di tetapkan.

Pada tahun 2013 resmi lambang koperasi dirumah menjadi lambang yang lebih minimalis dan modern ketimbang sebelumnya.

Adapun tujuan dari perubahan logo tersebut adalah untuk meningkatkan citra dan juga kepercayaan masyarakat terhadap koperasi yang semakin luntur.

Logo Koperasi yang di gagal Menteri Syarif Hasan itu berbentuk segi empat dan berupa bunga teratai dengan warna hijau lebih dominan, gambarnya bisa dilihat diatas.

Namun setelah beberapa tahun Dewan Koperasi Indonesia atau sering kita sebut (Dekopin) menganulir penggunaan lambang bunga teratai tersebut.

Berdasarkan surat bernomor SKEP/03/Dekopin-E/2015 yang isinya menyatakan bahwa Dekopin logo koperasi indonesia harus kembali kepada lambang pohon beringin.

Akhirnya lambang koperasi dikembalikan lagi secara resmi oleh pemerintah lewat Peraturan Pemerintah No.1/Per/M.KUKM/II/2015.

Baca juga pengertian sumber daya manusia

Arti Lambang Koperasi

logo koperasi indonesia
armadilloaccounting.com

Lambang atau logo merupakan sebuah identitas yang mewakili suatu bentuk lembaga atau instansi. Setiap logo atau lambang tentu memiliki makna dan arti serta visi dan misi yang mewakili lewat logo tersebut.

Begitu juga logo koperasi Indonesia yang memiliki arti serta makna yang terkandung di dalamnya untuk kemaslahatan dan juga kesejahteraan bersama.

Setiap bagian logo koperasi Indonesia mewakili filosofi dari koperasi itu sendiri yang diwakili oleh pohon beringin, padi, kapas, penempatan, rantai, roda gigi, bintang satu serta warna merah putih.

Untuk lebih jelasnya mari kitab bahas satu persatu arti dari logo koperasi Indonesia tersebut.

  • Bintang Satu dalam Perisai

Arti dari bintang satu dalam perisai adalah Pancasila sebagai ideologi koperasi indonesia, dengan diwakilinya oleh bintang satu dalam perisai tersebut secara tidak langsung mewakili sila yang lain tidak hanya satu sila.

  • Pohon Beringin

Arti dari pohon beringin merupakan makna koperasi yang kuat, kokoh dan berakar kuat serta berumur panjang.

Hal ini menggambarkan kepribadian masyarakat Indonesia yang bergabung dengan koperasi akan mempunyai kekuatan dalam ekonomi serta tidak mudah goyah dengan berbagai cobaan.

Mereka harus mau bergerak dan berani bersaing dengan pesaing dalam maupun luar negeri demi kesejahteraan bersama khususnya Masyarakat Indonesia.

  • Kapas dan Padi

Arti dari kapas dan juga padi merupakan simbol dari kemakmuran, dengan bergabung bersama koperasi diharapkan masyarakat dapat lebih makmur dan sejahtera.

Kapas dan padi juga menggambarkan Indonesia negara yang subur makmur harusnya ketika bersama mereka bisa tumbuh berkembang dibidang ekonomi.

  • Rantai

Arti dari Rantai adalah sebuah pengikat yang erat dan juga kokoh. Makna dari rantai menggambarkan ketika masyarakat mau bersatu mau saling gotong royong maka mereka akan kuat baik secara hubungan dan ekonomi.

Masyarakat yang bergabung dengan koperasi akan  saling terkait sehingga akan terjalin suatu ikatan kekeluargaan yang kokoh dan kuat seperti rantai.

  • Roda Bergerigi

Arti dari roda bergerigi merupakan sebuah makna yang melambangkan kerja keras yang dilakukan secara terus-menerus dan berkelanjutan.

Oleh karena itu masyarakat yang mau bergabung dengan koperasi merupakan orang-orang yang mempunyai semangat yang gigih dan mau bekerja dengan keras.

  • Neraca

Arti dari neraca atau timbangan merupakan alat yang bertujuan untuk mengukur berat suatu barang dengan tepat.

Oleh karena itu arti lambang koperasi neraca adalah keadilan sosial untuk seluruh anggota koperasi dengan mempunyai hak yang sama dan kesejahteraan bersama.

Koperasi menjamin semua anggota diperlakukan sama tidak akan berat sebelah karena tujuan koperasi adalah bekerja bersama sukses bersama.

  • Tulisan Koperasi Indonesia

Arti dari tulisan koperasi Indonesia adalah untuk menunjukan identitas dan juga jati diri dari koperasi Indonesia dan juga sebagai lembaga yang besar khususnya di Indonesia.

  • Warna Merah Putih

Arti warna merah putih adalah warna dari bendera Indonesia, oleh karena itu setiap anggota koperasi harus cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia dan orang-orang yang memiliki jiwa nasionalisme.

Logo Koperasi Lama

logo koperasi baru
cendananews.com

Logo ini nampak sedikit berbeda dengan logo yang sebelumnya namun memiliki makna yang sama yang diwakili setiap lambang yang tertera padanya.

Jika yang sebelumnya memiliki banyak unsur yang terkandung didalamnya namun logo ini lebih simple karena mengandung dua unsur, yaitu bentuknya ketupat serta bunga teratai.

Meskipun begitu logo koperasi tersebut memiliki makna yang sangat dalam dan juga filosofi serta prinsip-prinsip.

Untuk lebih jelasnya berikut ini penjelasan mengenai logo koperasi yang lama:

Arti Lambang Koperasi

Lambang koperasi ini juga memiliki arti yang sangat luas dan dalam, logo koperasi terbaru terdiri dari bunga teratai dan juga bentuk empat sudut pandang warna hijau putih sebagai warna dasar.

Berikut ini penjelasan dari keduanya:

  • Bunga Teratai

Arti dari bunga teratai adalah mengandung arti perkembangan, wawasan, inovatif, produktif seta kreatif dalam mengembangkan koperasi.

Dengan begitu koperasi Indonesia diharapkan bisa menjadi lebih berkembang serta maju dan mampu bersaing sehingga siap menghadapi perkembangan zaman.

  • Bentuk Empat Sudut Pandang

Arti dari empat sudut pandang merupakan simbol yang menunjukan empat arah mata angin yang maksudnya sebagai berikut;

  1. Gerakan koperasi Indonesia didasari untuk menyalurkan aspirasi rakyat Indonesia.
  2. Dasar perekonomian yang pro rakyat
  3. Menjunjung tinggi prinsip sosial, mandiri, demokrasi serta adil.
  4. Menuju kemenangan dalam persaingan global.

Baca juga Teori perdagangan internasional 

Arti Lambang Koperasi Menurut Peraturan Pemerintah

logo koperasi yang lama yang resmi
kompasiana.com

Sesuai dengan yang terdapat dalam Peraturan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Nomor : 02/Per/M.KUKM/IV/2012, arti dari logo koperasi sebagai berikut:

Arti Lambang Koperasi

  • Bentuk Gambar Bunga

Arti bentuk gambar bunga yang memberikan kesan akan perkembangan koperasi dan kemajuannya di Indonesia.

Serta mengandung makna bahwa koperasi Indonesia harus terus berkembang, cemerlang, variatif, berwawasan, inovatif, serta produktif dalam setiap kegiatan dan juga berorientasi pada keunggulan dan teknologi.

  • Bentuk Gambar 4 Sudut Pandang

Arti dari empat sudut pandang merupakan simbol yang menunjukan empat arah mata angin yang maksudnya sebagai berikut;

  1. Gerakan koperasi Indonesia didasari untuk menyalurkan aspirasi rakyat Indonesia.
  2. Dasar perekonomian yang pro rakyat
  3. Menjunjung tinggi prinsip sosial, mandiri, demokrasi serta adil.
  4. Menuju kemenangan dalam persaingan global.
  • Teks Koperasi Indonesia

Arti teks koperasi Indonesia memberikan kesan yang sangat modern serta dinamis, yang tersirat makna kemajuan untuk terus berkembang serta mengikuti arus kemajuan zaman yang tercermin dalam perekonomian koperasi yang mempunyai semangat tinggi, pantang menyerah.

Arti teks koperasi Indonesia yang berhubungan dan sejajar rapi mengandung makna yang sangat komplek dengan adanya ikatan yang kuat, baik di dalam lingkungan internal koperasi maupun antara anggota dan koperasi.

  • Warna Pastel

Lambang koperasi yang berwarna pastel memberikan yang berwibawa sekaligus cool, selain itu koperasi juga bergerak pada sektor perekonomian.

Warn pastel melambangkan adanya suatu keinginan yang kuat, kemauan, ketabahan, kemajuan serta mempunyai pribadi yang kuat.

Serta berkeinginan besar dalam peningkatan rasa bangga terhadap anggotanya dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi terhadap pelaku ekonomi lainnya.

Lambang koperasi ini dapat digunakan dan di simpan dimana saja, bisa digunakan pada papan nama kantor, umbul-umbul, pin, emblem, dan untuk seluruh kegiatan koperasi semua diperbolehkan.

Logo koperasi Indonesia juga menggambarkan falsafah koperasi yang memuat tulisan yang artinya koperasi Indonesia merupakan sebuah identitas lambang.

Serta

Arti dari lagi koperasi Indonesia yang ini lebih simple ketimbang yang sebelumnya, namun logo koperasi Indonesia ini sudah tidak dipakai lagi.

Sekarang menggunakan koperasi yang lama kembali, logo ini hanya bertahan sekitar 3 tahun karena mungkin ada beberapa pihak yang tidak setuju dan kurang sesuai dengan tujuan koperasi.

Dasar Hukum Koperasi

dasar koperasi
pixabay.com

Indonesia adalah negara hukum yang berpedoman pada Pancasila dan UUD tahun 1995. Di Indonesia sendiri koperasi telah mendapatkan tempat yang sangat past dan juga jelas posisinya.

Karena koperasi berlandaskan pada hukum negara yang jelas dan juga kuat. Tinjauan umum tentang hukum dasar koperasi terdapat pada pasal 33 ayat 1 Undang-Undang dasar negara Indonesia tahun 1945 dan juga Undang-Undang nomor 25 tahun 19992.

Adapun dasar-dasar hukum koperasi Indonesia adalah sebagai berikut:

  1. Berdasarkan Undang-undang No. 25 Tahun 1992 tentang koperasi.
  2. Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 4 tahun 1994 tentang Persyaratan dan Perubahan Anggaran Dasar Koperasi serta tata Cara Pengesahan Akta Pendirian dan .
  3. Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 17 tahun 1994 tentang Pembubaran Koperasi oleh Pemerintah.
  4. Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 9 tahun 1995 tentang Pelaksanaan Kegiatan Simpan Pinjam oleh Koperasi untuk anggotanya.
  5. Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 33 tahun 1998 tentang Modal Penyertaan pada Koperasi.
  6. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Negara Koperasi dan PPK No. 36/Kep/MII/1998 tentang Pedoman Pelaksanaan Penggabungan dan Peleburan Koperasi.
  7. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Negara Koperasi dan PKM No. 19/KEP/Meneg/III/2000 tentang Pedoman kelembagaan dan Usaha Koperasi.
  8. Berdasarkan Peraturan Menteri No. 01 tahun 2006 tentang Petunjuk Pelaksanaan, Pengesahan, pembentukan Akta Pendirian koperasi dan Perubahan Anggaran Dasar Koperasi dan lain-lainnya.

 

Baca juga Alat-alat pembayaran internasional 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *