Defini, Konsep, Manfaat, Tujuan, dan Metode Digital Marketing

6 min read

manfaat digital marketing

Seiring dengan kemajuan teknologi berdampak pada dunia bisnis yang kini semakin bervariasi, salah satu tren berkat kemajuan teknologi adalah digital marketing.

Yang menjadi pertanyaan adalah seberapa penting digital marketing jika diterapkan di dunia bisnis?

Adapun untuk menjawab pertanyaan berikut anda bisa menyimak penjelasan dari artikel dibawah ini agar dapat memahami apa itu digital marketing.

Pengertian Digital Marketing

pengertian digital marketing
pixabay.com

Digital marketing merupakan sebuah aktivitas promosi baik itu sebuah produk atau brand tertentu dengan menggunakan media elektronik atau sering kita sebut digital.

Beberapa tahun kebelakang media digital marketing sangat terbatas seperti radio televisi dahulu hanya bisa menyampaikan informasi secara satu arah.

Pada abad ini perkembangan teknologi digital sangat pesat sehingga semua lapisan bisa menggunakan teknologi tersebut untuk mendapatkan manfaat dan penghasilan dari situ.

Berikut ini beberapa teknik pemasaran yang dapat dilakukan dalam digital marketing:

  1. Google Ads
  2. Facebook Ads
  3. Search Engine Optimitization
  4. Iklan televisi
  5. Iklan Radio
  6. Video tron
  7. Email Marketing
  8. Mobile Marketing
  9. Media Cetak

seperti yang sudah kita ketahui bahwa perkembangan teknologi dan internet sangat mudah di terima oleh masyarakat terlebih masyarakat kota.

Untuk sekarang kegiatan bisnis yang berupa pemasaran secara online atau digital sangat digemari karena semua sudah bisa dilakukan di genggaman.

Digital marketing ini tidak hanya menjadi pilihan perusahaan-perusahaan besar untuk pemasaran produknya namun juga untuk masyarakat bawah pun menjadi satu alternatif ketika mencari sesuatu produk.

Pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli

pengertian digital marketing menurut para
pixabay.com

Berikut ini beberapa pengertian digital marketing menurut para ahli baik dalam negeri maupun luar negeri:

  • Kleindl dan Burrow

Digital marketing merupakan sebuah perencanaan dan pelaksanaan dari konsep, harga, ide, promosi dan distribusi. Secara sederhana dapat diartikan sebagai pembangunan dan pemeliharaan yang saling menguntungkan.

  • Ridwan Sanjaya dan Josua Tarigan

Digital marketing merupakan sebuah kegiatan termasuk branding yang menggunakan berbagai media, contohnya blog, website dan berbagai jaringan media sosial lainnya.

  • Heidrick dan Struggles

Menurut Heidrick dan Struggles mereka berpendapat bahwa Digital marketing menggunakan perkembangan dunia digital tujuannya adalah untuk melakukan iklan yang tidak di share secara langsung tetapi memiliki efek yang sangat berpengaruh.

Baca juga pengertian sumber daya manusia

Konsep Digital Marketing

konsep digital marketing
pixabay.com

Digital marketing dipercaya sebagai sebuah metode yang efektif dan juga efisien untuk melakukan promosi produk di internet.

Ada beberapa konsep digital marketing yang harus diketahui:

  • Mengikuti Tren

Konsep digital marketing yang pertama adalah mengikuti tren yang merupakan mengikuti sebuah pembaruan teknologi akan terus berlanjut setiap saat.

Dengan mengikuti tren akan memudahkan langkah dalam menarik konsumen dan supaya terus update produk-produk yang yang diinginkan konsumen.

  • Menjawab Kebutuhan

Konsep digital marketing yang kedua adalah menjawab kebutuhan konsumen yang mana konsumen akan merasa puas jika ditawarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Dengan begitu konsumen akan terus punya alasan untuk terus memilih produk kita.

  • Mempunyai Target

Konsep digital marketing yang ketiga adalah mempunyai target yang panjang untuk terus eksis dalam bisnis yang ditekuni dan sebuah target akan membuat kita terus bekerja dengan maksimal dan mencapai tujuan.

  • Mencintai Perubahan

Konsep digital marketing yang keempat adalah mencintai perubahan yaitu perubahan yang bagus yang merupakan perubahan dibuat baik pada produk, promosi, dan transaksi

  • Bergerak Cepat

Konsep digital marketing yang kelima bergerak cepat dalam berbisnis karena dunia bisnis terus bergerak maka kita harus punya visi misi yang tepat dalam mengarungi persaingan bisnis.

Tujuan Digital Marketing

tujuan digital marketing
pixabay.com

Tujuan utama digital marketing sebagai pemasaran adalah sebagai berikut:

  • Target Pemasaran

Tujuan utama dari digital marketing adalah pemasaran yang memanfaatkan alat atau media digital untuk menjangkau target konsumen secara tepat, cepat dan luas.

Selain itu juga bisa lebih efektif dan efisien dalam penggunaan dana iklan untuk kepentingan usaha da bisnis.

  • Meningkatkan Brand Awareness

Tujuan dari Brand Awareness adalah untuk mengenalkan produk mereka kepada konsumen dan ketika dikenal dan semakin dikenal maka akan mudah untuk diterima oleh konsumen.

Media untuk memperkenalkan produk tersebut bisa melalui media elektronik seperti televisi, radio dan juga bisa lewat media cetak maupun media lain seperti media sosial instagram, facebook, website dan lain-lain.

  • Membangun Database Market

Tujuan dari database market adalah untuk ketepatan sasaran pasar dari produk kita, contohnya seperti bisnis kaos polos maka kita harus tentukan kriteria jenis kelamin, umur, dan latar belakang supaya produk kita bisa diterima.

Nantinya produk kita bisa ditawarkan lewat media yang akan kita pakai seperti online shop untuk menjangkau target pasar kita.

  • Analysis Digital

Setelah menentukan target pasar maka langkah selanjutnya adalah menganalisa bagaimana menerapkan sistem digital marketing yang sekiranya efektif dan efisien untuk kita lakukan.

Menggunakan berbagai media yang cocok sehingga produk kita benar-benar sampai kepada konsumen yang kita targetkan.

Jenis-jenis Digital Marketing

jenis digital marketing
pixabay.com

Berikut ini jenis-jenis digital marketing:

  • Search Engine Marketing

Search Engine Marketing merupakan sebuah strategi optimalisasi mesin pencari untuk membuat website agar mudah ditemukan dan mendapatkan posisi yang baik pada mesin pencari di google.

  • Content Marketing

Content marketing merupakan pemasaran online yang fokus dalam merencanakan, membuat serta mendistribusikan konten yang relevan, konsisten serta mampu menarik perhatian pembaca sehingga tertarik dengan produk kita.

  • Sosial Media Marketing

Sosial media marketing merupakan pemasaran online yang dilakukan dengan memanfaatkan media sosial seperti instagram, facebook, line, twitter dan lain-lain.

  • Email Marketing

Email marketing merupakan pemasaran online yang dilakukan dengan cara mengirim email kepada calon konsumen yang bertujuan agar terbangun hubungan yang lebih dekat dan pada akhirnya agar menjadi pelanggan yang setia.

Manfaat Digital Marketing

manfaat digital marketing

pixabay.com

Berikut ini 10 manfaat-manfaat digital marketing yang perlu anda ketahui:

  • Menghubungkan Anda dengan Konsumen di Internet

Pada zaman modern seperti sekarang yang segala informasi bisa diperoleh dari mana saja terutama informasi tentang suatu produk barang atau jasa pasti tidak melalui iklan baris lagi namun melalui internet yang secara fasilitas lebih mudah dan nyaman.

Dengan banyaknya alat transaksi atau store-store, channel yang tersedia, pemilik usaha dapat mencapai target konsumen yang menghabiskan waktu mereka dalam mencari informasi melalui internet.

  • Menghasilkan Penjualan yang Tinggi

Anda dapat menjangkau lebih banyak konsumen yang anda targetkan melalui digital marketing, anda juga dapat menghasilkan prospek dan mencapai peningkatan penjualan mencapai sekitar 24% bahkan bisa lebih, karena pemasaran digital tujuannya membuka jalan untuk membuahkan hasil yang optimal.

  • Membuat Anda Lebih Hemat

Pemasaran digital bermanfaat membantu para pelaku usaha tidak hanya menghasilkan konsumen baru namun bisa juga membantu menghemat pengeluaran usaha supaya lebih hemat.

  • Menjangkau Pengguna Smartphone

Pemasaran digital membawa kita memasuki area pasar raksasa yang kegiatan pemasaran digital dilakukan melalui perangkat mobile atau smartphone yang menghasilkan 35% dari keseluruhan trafik yang organik.

Teknologi dari smartphone juga sangat mempengaruhi perilaku pembelian konsumen tersebut.

  • Mangaktifkan Layanan Pelanggan Real-time

Pemasaran digital juga menawarkan kepada kita adanya respon konsumen atau pelanggan yang memberikan dampak yang signifikan dalam keberhasilan usaha anda.

Adapun keuntungan dari channel pelayanan yang disediakan pasar digital antara lain yaitu menghasilkan pendapatan yang lebih besar serta mempertahankan pelanggan dan memberikan layanan yang memuaskan untuk konsumen.

  • Menghasilkan Pendapatan yang Tinggi

Konsumen yang melakukan transaksi secara online membutuhkan 6 point utama untuk meyakinkan mereka agar melakukan pembelian dan setelah itu mereka bisa 4 kali lebih banyak untuk melakukan pembelian dari konsumen yang tidak seperti biasanya.

Pemasaran digital memberikan atau membantu para pelakunya untuk menghasilkan pendapat yang lebih dari dari sebelumnya.

  • Return On investment Menjadi lebih Tinggi

Pemasaran secara digital membantu kita dalam menghasilkan Cost-Per_Lead yang lebih baik ketimbang dengan pemasaran yang dilakukan secara tradisional atau yang lain sejenisnya.

  • Menjaga Posisi terhadap para Pesaing

Banyak merek dan brand serta usaha yang saat ini saling bersaing maka dari itu para pengusaha menggunakan macam-macam channel untuk terus eksis didunia pasar.

  • Membantu Bersaing dengan Perusahaan Besar

Digital marketing juga membantu membantu posisi kita untuk bersaing dengan perusahaan kecil dan juga besar selain itu juga posisi kita sejajar dengan para pesaing.

  • Mempersiapkan untuk Era Internet of Things

Melihat kondisi saat ini tidak bisa dipungkiri semuanya sudah saling terhubung dalam ekosistem online secara global yang akan membentuk era of things.

Cara Memulai Digital Marketing

cara memulai digital marketing
pixabay.com

Ada beberapa langkah dalam memulai digital marketing diantaranya:

  • Menentukan Tujuan Pemasaran

Hal pertama yang harus dimulai dalam digital marketing adalah tujuan pasar yang mana mengetahui tujuan pasar akan membantu dalam mengukur tingkat keberhasilan usaha yang akan dijalankan dan juga harus sesuai dengan bisnis yang akan kita bangun nantinya.

Adapun salah satu cara dalam menentukan tujuan pasar adalah dengan menggunakan metode SMART dari Hubspot, dari metode ini memungkinkan kita memiliki tujuan yang relevan, spesifik, terukur dan mempunyai batas waktu.

  • Menentukan Target Pasar

Hal kedua yang harus diperhatikan dalam memulai digital marketing adalah menentukan target pasar, karena target pasar membantu kita untuk menyiapkan apa saja kebutuhan konsumen, bagaimana promosinya, modal seta bagaimana meningkatkan penjualan.

Dengan memahami target pasar dan seluk beluknya akan memudahkan kita mengetahui segala kebutuhan konsumen secara mendalam dan sebagai tindak lanjutnya yaitu mengembangkan produk dan juga menciptakan produk baru yang diperlukan konsumen.

  • Memilih Platform Digital Marketing

Hal ketiga yang harus diperhatikan dalam memulai digital marketing adalah memilih platform yang mudah di jangkau oleh konsumen baik itu website, media sosial atau email.

Platform digital marketing yang kita gunakan akan sangat menentukan keberhasilan kita dalam berbisnis di dunia digital.

Untuk saat ini website masih menjadi platform utama dalam bisnis online meskipun sudah ada media dan online shop, dan lain-lain namun semua diarahkan ke website.

  • Menentukan Budget

Hal yang keempat yang harus diperhatikan ketika akan memulai digital marketing adalah menentukan budget yang akan dikeluarkan untuk upaya pemasaran produk kita.

Penting sekali dalam menentukan budget karena sebuah anggaran merupakan investasi bisnis yang jika dilakukan secara benar akan memberikan hal yang sangat positif.

Dengan menentukan budget yang tepat diharapkan balik modal dan tujuan mendapatkan keuntungan yang kita harapkan bahkan melebihi target yang kita tetapkan.

  • Menerbitkan Konten yang Menarik

Langkah terakhir yang harus diperhatikan dalam memulai digital marketing adalah membuat konten yang menarik, relevan dan juga bermanfaat untuk konsumen.

Berdasarkan sebuah penelitian menunjukan bahwa 92% konsumen menginginkan konten digital marketing yang sesuai dengan keseharian dan juga kebutuhan mereka.

Selain itu konten yang menarik sebaiknya bisa menjangkau konsumen pada waktu yang tepat karena harus sesuai dengan jenis media dan juga konten yang digunakan supaya relevan.

Contoh Digital Marketing

contoh digital marketing
rectmedia.com

Dibawah ini merupakan beberapa contoh digital marketing yang sudah terbukti efektif dalam meningkatkan revenue:

Go Pro

Yang pertama adalah Go Pro dengan memulai langkah digital marketing melalui Instagram dan langkah ini sangatlah efektif.

Go pro dapat menampilkan cerita-cerita yang sangat menarik yang berkaitan dengan produk dan juga banyak pengguna yang merasa puas sehingga akan membuat banyaknya konten yang menarik yang dapat dihasilkan.

Pada tahun 2019 Go Pro mengalami kenaikan hingga 40% yang merupakan sebuah penjualan terbaik sepanjang sejarah perusahaan tersebut.

IFixit

Yang kedua adalah Ifixit yang memberikan contoh bahwa digital marketing dengan konten yang baik akan mendatangkan keuntungan yang baik dan banyak pula.

Perusahaan ini memulainya dengan sebuah website dan menguatkannya dengan menggunakan media Youtube.

Banyak sekali keuntungan yang diraih perusahaan ini dan kunci sukses dari perusahaan ini adalah strategi website yang rapi dan juga memilih Youtube yang efektif.

MasterCard

Sedangkan Master card merupakan contoh digital marketing dengan mengunakan atau memanfaatkan blog.

Pasti sebagian orang tahu bagaimana caranya menggunakan kartu kredit, namun yang belum diketahui apa saja yang dapat dilakukan dengan kartu kredit tersebut.

Penyedia jasa layanan kartu kredit seperti contoh master card mereka mendapatkan penghasilan dari jasa yang mereka tawarkan. Maka semakin banyak transaksi semakin banyak pula keuntungan yang di dapatkan.

Baca juga teori perdagangan internasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *