Berikut ini Faktor-faktor Pendorong Perdagangan Internasional

6 min read

faktor pendorong perdagangan internasional

Dalam perdagangan internasional tidak semua berjalan dengan mulus seperti yang kita harapkan namun dibalik semua itu pasti ada faktor-faktor pendorong dan juga faktor penghambat dalam perdagangan internasional.

Artikel kali ini akan membahas apa aja faktor pendorong dan penghambat perdagangan internasional yang tentunya harus kalian ketahui.

Sebelum membahas apa itu faktor yang mendorong dan juga menghambat perdagangan internasional perlu dipahami juga apa itu perdagangan internasional.

Perdagangan Internasional

PENGERTIAN PERDAGANGAN INTERNASIONAL
jojonomic.com

Perdagangan internasional merupakan salah satu bentuk interaksi yang berkaitan dengan jual beli baik produk barang atau pun jasa yang mana dilakukan oleh satu negara dengan negara lainnya yang landasannya adalah kerjasama bilateral dan juga multilateral yang telah di sepakati bersama.

pengertian lain dari perdagangan internasional adalah sebuah bentuk transaksi dagang antara subyek ekonomi satu negara dengan negara ain yang didalamnya mengandung transaksi produk yang berupa barang atau jasa.

Adapun aturan dari perdagangan internasional ini yaitu memiliki batas dan aturan yang berbeda-beda setiap negaranya tergantung kebijakan negara bersangkutan dan yang menjadi sedikit rumit hanya pada faktor mata uang, bahasa, timbangan dan harga.

Selain daripada itu perdagangan internasional dilakukan oleh negara yang memang memiliki kepentingan sendiri baik untuk meraih keuntungan atau sekedar menjalin kerja sama yang pada intinya semua negara mempunyai tujuan dan visi yang berbeda dalam melakukan perdagangan internasional.

Baca juga pengertian manajemen pemasaran menurut para ahli

Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

faktor pendorong perdagangan internasional
pengusahadunia.com

Pada era sekarang ini proses transaksi jual beli antara negara pada dasarnya memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan negaranya masing-masing baik itu melalui ekspor dan juga impor.

Proses perdagangan internasional adalah jalinan kerja sama antara negara satu dengan negara lain dengan latar belakang yang sangat erat dan juga sebagai faktor dari pendorong perdagangan internasional sehingga nantinya timbul perjanjian dalam perkara impor dan ekspor.

Simbiosis mutualisme adalah kata yang menggambarkan perdagangan internasional karena pada dasarnya perdagangan internasional ini didasari pada kebutuhan setiap negara untuk mencukupi kebutuhannya yang mana yang dibutuhkannya itu ada di negara lain.

Butuh dan saling membutuhkan inilah yang mendasari jalinan kerja sama antar negara ini dan juga perdagangan internasional ini akan membuat sebuah negara mendapatkan keuntungan secara signifikan dari proses pertukaran barang atau proses ekspor dan impor.

Ada beberapa faktor pendorong perdagangan internasional diantaranya adalah:

  • Kebutuhan Masyarakat dan Negara

Setiap negara memproduksi barang hasil dari sumber daya alamnya namun tidak semua negara mampu memenuhi kebutuhan negara terutama kebutuhan masyarakatnya, maka di sinilah perdagangan internasional unjuk gigi untuk memenuhi dan mempermudah negara dalam meraih barang yang mereka butuhkan.

Hal ini pula yang menjadi faktor utama pendorong perdagangan internasional, contoh misalkan negara dengan sumber daya alamnya kurang sehingga mereka susah memproduksi bahan baku namun industrinya sangat maju maka negara tersebut bisa mengimpor bahan bakunya dari negara lain.

Contoh negara indonesia yang sumber dayanya sangat melimpah namun karena industrinya kurang sehingga indonesia tidak mampu mengolah sumber daya alamnya sehingga bisa mengekspor sumber daya alamnya ke negara industri untuk mengolahnya.

Disisi lain negara seperti Singapura, Australia mereka membutuhkan bahan baku dari indonesia seperti karet, emas, kain dan lain-lain untuk mereka olah supaya lebih bernilai tinggi, jadi dengan adanya perdagangan internasional negara bisa tetap produktif meskipun minim sumber daya.

  • Sumber Daya Alam Berbeda-beda

Letak geografis satu negara dengan negaranya berbeda sehingga inilah yang mempengaruhi sumber daya alam juga pastinya berbeda beda tidak akan mungkin sama.

Padahal sumber daya alam merupakan sumber utama dari sebuah negara karena hal tersebut yang menjadi sumber kehidupan suatu negara maka setiap negara akan mempunyai kekurangan dan juga kelebihannya masing-masing.

Contoh kasusnya adalah negara Indonesia berada di daerah tropis tentu daerah tersebut sangat subur dan hasil buminya sangat melimpah seperti kopi, cengkeh, lada, teh, lada, dan masih banyak lagi tumbuhan yang tumbuh di indonesia.

Sedangkan Australia merupakan negara yang terkenal dengan negara penghasil hewan ternaknya seperti sapi, hal ini yang menjadi faktor pendorong perdagangan internasional karena Indonesia butuh daging dan Australia butuh hasil bumi maka terjadilah ekspor impor.

  • Selera Masyarakat

Faktor pendorong perdagangan internasional selanjutnya adalah selera dari masyarakat negara tersebut, karena tiap negara pasti beda selera makannya begitu juga masyarakat selaku pelaku yang mengkonsumsi barang tersebut.

Contoh dari selera masyarakat adalah negara A dengan penghasil hewan ternak lebih suka mengkonsumsi buah dan sayuran sedangkan negara B dengan penghasil alam yang melimpah seperti sayur, buah, dan tumbuhan lain lebih suka makan daging.

Kondisi tersebut akan mendorong negara tersebut melakukan perdagangan internasional untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya dan kondisi tersebut juga akan memberikan keuntungan bagi kedua negara melalui ekspor dan juga impor.

  • Kondisi Iklim

Kondisi iklim akan mempengaruhi kekayaan sumber daya alam suatu negara, karena perbedaan ini membuat negara tidak bisa memproduksi semua kebutuhannya sendiri, maka dari itu impor adalah solusi yang tepat.

Karena tidak semua negara bisa memproduksi kebutuhannya sendiri maka impor menjadi sebuah keharusan itu sebabnya perdagangan internasional dilakukan untuk memenuhi kebutuhan produksi.

Sebagai contoh Indonesia merupakan produsen tempe terbesar di dunia, karena masyarakat di Indonesia suka mengkonsumsi tempe, namun kondisi iklim di Indonesia kurang bersahabat dengan kedelai, sehingga kedelai di Indonesia kualitasnya dibawah negara lain.

Hal tersebut membuat Indonesia terdorong untuk melakukan perdagangan internasional untuk mendapatkan kedelai dengan kualitas yang baik dan untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya akan tempe.

  • Meningkatkan Income Negara

Perdagangan internasional berdampak pada pemasukan atau income kas negara, oleh karena itu negara-negara yang bersangkutan membuat kebijakan nasional dalam rangka mempermudah proses impor dan juga ekspor.

Dalam setiap ekspor dan juga impor negara akan mendapatkan pendapatan melalui pajak barang dan lain-lain, serta negara dapat melakukan ekspor barang melalui perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

  • Melimpahnya Satu Produk dalam Negeri

Indonesia dikenal sebagai negara pemasok bahan baku terbesar di asia dari dulu sampai sekarang, karena Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah.

Sehingga ketika memiliki bahan baku yang melimpah Indonesia akan melakukan produksi secara besar-besaran agar produknya melimpah dan kelebihan supaya kebutuhan negara terpenuhi sisanya untuk ekspor ke luar negeri.

Untuk meminimalisir produk tidak terjual dan mengalami kerugian maka negara harus memaksimalkan potensi produksi dan membuka pasar dengan lebih luas sehingga menjadi faktor pendorong perdagangan internasional yang efektif dan efisien.

  • Perluasan Target pasar

Ada dua tipe produsen dalam melakukan produksi, yang pertama produsen sulit untuk berkembang karena takut kelebihan produksi dan tidak laku di pasaran, yang kedua produsen dengan yang sengaja melakukan produksi secara besar-besaran agar produk menumpuk dan banyak untuk di jual.

Sehingga kelebihan inilah yang dalam jumlah produksi melimpah yang nantinya akan di arahkan ke pasar luar negeri untuk dijual dan mendapatkan keuntungan.

Hal itulah yang menjadi faktor pendorong perdagangan internasional suatu negara agar memperoleh hasil yang maksimal dari potensi industry dalam negeri.

  • Dukungan Politik dan Membuka Kerja Sama

Menjalin komunikasi yang baik antar negara lalu menjalin persahabatan baik bilateral atau multilateral merupakan hal sangat baik untuk mendorong pergerakan perdagangan internasional negara satu dengan negara lainnya.

Maka dari itu perdagangan internasional bisa menjalin ketentraman antar negara sebab dari perdagangan internasional akan memberikan keuntungan untuk kedua belah pihak baik yang mengimpor atau ekspor dengan adanya penerimaan pajak.

  • Era Globalisasi

Era globalisasi atau bisa di sebut pasar global membuat setiap negara mau tidak mau harus ikut serta di dalamnya  karena setiap negara saling membutuhkan untuk memenuhi kebutuhan negaranya.

Era globalisasi membuat setiap produsen bisa dengan bebas memasukkan barang dan juga mengeluarkan barang ke suatu negara.

  • Hubungan Diplomatik Negara

Perdagangan internasional tidak akan terjadi bila dilandasi oleh hubungan diplomatic antar negara yang bersangkutan, hubungan diplomatic adalah hubungan resmi yang dibangun antar negara dalam menjalin sebuah persahabatan.

Hubungan diplomatic merupakan salah satu faktor pendorong utama dalam perdagangan internasional, jika hubungan kedua negara sedang tidak baik maka proses perdagangan dan kerjasama antar negara akan sedikit terganggu.

  • Transportasi Antar negara

Seiring dengan berkembangnya zaman, informasi dan juga teknologi yang semakin canggih  sehingga dapat membuat alat transportasi yang mampu mencakup berbagai negara.

Kehadiran dari transportasi yang mencakup berbagai negara ini membuat proses perdagangan internasional menjadi lebih mudah dan aman.

Transportasi ini membuat kegiatan perdagangan internasional lebih cepat baik itu menggunakan transportasi darat seperti kereta api, trucking dan lain-lain, bisa juga melalui udara dengan pesawat dan juga jalur laut dengan kapal.

  • Mencari Dukungan Luar Negeri

Mencari dukungan luar negeri merupakan sebuah faktor yang mendorong suatu negara melakukan perdagangan internasional karena cakupan lebih luas dan juga lebih cepat.

Dukungan dari berbagai negara sangat diperlukan karena dengan adanya dukungan tersebut membuat kesempatan suatu negara berpartisipasi dalam dunia global juga akan semakin besar.

Maka dari itu untuk mendapatkan dukungan dari negara lain adalah dengan melakukan kerja sama agar terjalin hubungan yang erat sehingga nantinya mendapatkan dukungan.

Semakin banyak mitra dagang maka semakin banyak pula dukungan luar negeri kepada negara bersangkutan terutama negara yang mengalami sengketa.

  • Meningkatkan Kualitas Produk Lokal

Sebuah langkah yang sangat amat baik dalam meningkatkan produk local adalah dengan membentuk persaingan pasar, mempersiapkan para pelaku usaha kecil menengah untuk go-ekspor dan membiasakan diri bersaing dengan dunia internasional.

Hal lain yang akan menjadi faktor perdagangan internasional adalah masuknya produk luar negeri kedalam negeri akan mendorong para pelaku usaha untuk terus meningkatkan produknya.

  • Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia

Ketika perdagangan internasional dimulai tentu akan banyak sekali saingan sehingga membuat para pelaku harus bisa bersaing dalam meningkatkan kualitas produknya.

Hal lain yang harus diperhatikan selain kualitas produk adalah kualitas sumber daya manusia karena merupakan factor penting dalam bersaing untuk meningkat kualitas diri sehingga tidak kalah dari para competitor.

Faktor sumber daya manusia yang berkualitas akan menjadi faktor pendorong dalam melakukan perdagangan internasional sehingga mereka bisa kompetisi dengan yang lain tidak tertinggal.

  • Penghematan Biaya Produksi

Perdagangan internasional memungkinkan suatu negara memproduksi produk dalam jumlah yang sangat banyak sehingga membuat ongkos atau biaya produksi menjadi lebih rendah.

Misalkan Indonesia menghasilkan banyak produk seperti padi, kayu lapis, kelapa sawit dan sebagainya, namun yang menguntungkan bagi indonesia adalah dari produksi tekstil dan kayu lapis yang nantinya di ekspor karena dapat menghemat biaya produksi.

  • Rasa Saling Membutuhkan

Pada dasarnya semua sama baik manusia atau pun negara semua adalah makhluk social yang tidak bisa hidup sendiri tentu membutuhkan orang lain dalam segala apapun.

Hal ini juga sama antara negara satu dengan negara lainnya dalam rangka peningkatan kualitas masyarakat, produk, jasa, sumber daya manusia dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Satu negara dengan negara lainnya saling membutuhkan, contohnya Indonesia butuh Turki untuk mengirim buah-buahan seperti anggur dan sebaliknya turki butuh kopi Indonesia untuk kebutuhan kedai kopi yang ada di Turki.

Jika semua sudah sadar bahwa saling membutuhkan maka tidak aka ada lagi kesulitan atau pun kekurangan semua akan teratasi.

Oleh sebab itu rasa saling membutuhkan itulah yang menjadi pendorong setiap negara dalam melakukan perdagangan internasional.

Anda juga bisa membaca teori-teori perdagangan internasional secara lengkap dan apa aja yang melatarbelakangi perdagangan internasional bisa di simak di artikel tersebut.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *