Manajemen Keuangan Syariah

4 min read

aktivitas manajemen keuangan syariah

Beberapa dari kalian pasti sudah mengetahui apa itu manajemen keuangan namun karena ada syariah di belakangnya sehingga beberapa kalian mencari tahu maksud dari manajemen keuangan syariah itu apa.

Maka dari itu artikel ini di buat supaya kita memahami tentang apa itu manajemen keuangan syariah.

Pengertian Manajemen Keuangan Syariah

Manajemen Keuangan Syariah
pixabay.com

 

Kata manajemen berasal dari bahasa Prancis yang artinya seni dan ilmu mengatur, melaksanakan. Manajemen juga dikenal dengan Planning, Organizing, Actuating, Controlling (POAC).

Sedangkan secara luas manajemen juga berarti sebuah proses merencanakan, koordinasi serta control sumber daya manusia untuk mencapai tujuan dari sebuah organisasi secara efektif dan efisien.

Manajemen keuangan adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan proses pendanaan pengadaan dana dan cara pemanfaatannya secara efektif dan efisien dalam suatu bisnis.

Adapun manajemen keuangan syariah adalah sebuah kegiatan keuangan managerial dengan tujuan untuk mencapai sasaran pasar dengan memperhatikan dan menyesuaikan pada prinsip-prinsip syariah dalam agama islam.

Maka dapat disimpulkan manajemen keuangan syariah adalah manajemen keuangan yang berkaitan dengan menciptakan dan menjaga nilai ekonomi dan pengambilan keputusan dengan berlandaskan prinsip-prinsip syariah agama islam.

Lalu bagaimana potret kondisi islam saat ini?

Pada saat ini kondisi ekonomi islam bisa dibilang belum terlalu eksis namun sedang berkembang karena harus bersaing dengan banyaknya bank konvensional dibandingkan bank syariah.

Manajemen keuangan syariah di indonesia untuk saat ini agak sulit di kontrol karena walaupun indonesia mayoritas beraga islam namun dari segi pelaksananya sulit untuk dilakukan apalagi kalau dalam jumlah besar.

Hal ini disebabkan karena kurangnya edukasi dan juga pengetahuan khususnya untuk masyarakat itu sendiri tentang prinsip-prinsip syariah.

Baca juga pengertian sumber daya manusia

Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli

"Pengertian

Berikut ini beberapa pengertian dari manajemen keuangan menurut beberapa ahli diantaranya:

  • Jame Van Horne

Pengertian manajemen keuangan menurut James van Horne adalah kegiatan yang berhubungan dengan penghasilan, pendanaan dan bagaimana cara mengolah aktiva dengan tujuan efektivitas semua aktivitas.

  • Weston dan Copeland

Pengertian manajemen keuangan menurut Weston dan Copeland adalah sebuah fungsi dan juga menjadi tanggung jawab seorang manajer keuangan.

Adapun fungsi pokok seorang manajer keuangan adalah hal-hal yang berkaitan dengan dengan penanaman modal serta pembiayaan setiap kegiatan usaha dan pembagian keuntungan suatu perusahaan.

  • Sutrisno

Pengertian manajemen keuangan menurut Sutrisno adalah semua kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan usaha-usaha yang bertujuan untuk memperoleh dana sekaligus memakai dan mengalokasikan dana tersebut secara efektif dan efisien.

  • Brighman dan Houston

Pengertian manajemen keuangan menurut Brighman dan Houston adalah sebuah bidang yang luas dari tiga bidang keuangan yang memiliki kesempatan karir yang luas dibandingkan bidang yang lainnya.

  • JF Bradley

Pengertian manajemen keuangan menurut JF Bradley adalah sebuah bidang manajemen yang ditujukan untuk menggunakan sebuah model secara bijaksana dan juga seleksi yang ketat dari sumber modal yang ada untuk menghemat pengeluaran dan mencapai tujuan perusahaan.

  • Sony S

Pengertian manajemen keuangan menurut Sony S manajemen keuangan merupakan sebuah kegiatan perusahaan yang berhubungan dengan bagaimana cara mendapatkan dana, memakai serta bagaimana cara mengelola asset perusahaan dengan sesuai tujuan.

  • Liehman

Pengertian manajemen keuangan menurut Liehman adalah bagaimana menyediakan dana dan bagaimana menggunakan tersebut agar memperoleh aktiva atau aset sesuai tujuan perusahaan.

  • Husnan dan Pudjiastui

Pengertian manajemen keuangan menurut Husnan dan Pudjiastui adalah semua hal yang menyangkut kegiatan analisis, perencanaan serta pengendalian seluruh kegiatan keuangan.

Ruang Lingkup Manajemen Keuangan Syariah

Ruang lingkup manajemen keuangan
pixabay.com

Beberapa hal yang mesti di perhatikan dan juga diketahui tentang manajemen keuangan syariah

  • Aktivitas perolehan dana

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah dalam upaya memperoleh harta harus memperhatikan cara yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah seperti mudharabah, salam, murabahah, istisna, ijarah dan lain sebagainya.

  • Aktivitas perolehan aktivitas

Hal ini dimaksudkan jika akan investasi uang  harus memperhatikan prinsip-prinsip islam agar terjaga dari segala sesuatu yang membuat kita rugi baik didunia dan akhirat.

Uang merupakan alat tukar yang berlaku saat ini dan juga sebagai komoditi yang diperjualbelikan serta dapat ditukarkan secara langsung atau melalui bank intermediasi seperti bank syariah dan reksadana syariah.

Prinsip-prinsip Syariah

prinsip manajemen keuangan syariah
pixabay.com

Berdasarkan segi mendapatkannya , manajemen keuangan syariah harus berdasar pada prinsip keuangan syariah yakni dengan menghindari proses-proses transaksi yang dilarang oleh agama islam.

Beberapa transaksi yang dilarang oleh syariah diantaranya adalah:

  1. Objek zat haram
  2. Riba (kelebihan dari hutang)
  3. Gharar (Ketidakpastian)
  4. Maisir (spekulasi)
  5. Riywah (suap)
  6. Tadlis (penipuan)
  7. Maksiat
  8. Zhalim

Adapun dari segi profesi yaitu kegiatan jual beli yang menghadirkan manfaat baik segi barang maupun jasa yang hasil dari situ mendapatkan penghasilan yang tentunya sesuai syariah.

  1. Pedagang sayuran, pedagang daging, pedagang kue serta segala sesuatu yang menjual barang yang hukumnya halal.
  2. Pedagang yang memberi manfaat seperti tempat istirahat seperti hotel, kontrakan rumah, rental mobil dan lain-lain.
  3. Pedagang yang perbuatannya memberikan manfaat yang sering disebut jasa yang contohnya seperti jasa cuci baju, jasa pijat, jasa desain grafis dan lain sebagainya.

Sistem Keuangan Syariah

sistem keuangan syariah
pixabay.com

Menurut agama Islam harta merupakan amanah atau titipan dari Allah yang Maha Kuasa yang mesti dijaga dan digunakan sebaik-baiknya, serta dimanfaatkan semaksimal mungkin di jalur kebaikan.

Harta ini juga merupakan ujian bagi manusia apakah dapat memberinya berkah baik didunia maupun nantinya untuk akhirat.

Pengertian Sistem Keuangan Syariah

Sistem keuangan syariah sering disebut juga sebagai sistem yang yang berlandaskan pada prinsip-prinsip islam dan juga dasar hukumnya adalah islam sebagai pedoman.

Sistem ini digunakan di segala aktivitas di berbagai bidang keuangan yang tentunya yang telah diselenggarakan oleh lembaga keuangan yang berbasis syariah.

Adapun tugas dari sistem manajemen keuangan syariah ini yaitu untuk mengalihkan dana yang tersedia yang berasal dari nasabah yang diserahkan kepada pengelola dana atau biasa disebut loanable funds.

Hal ini dilakukan untuk investasi dan digunakan untuk membeli baik barang atau pun jasa sehingga dapat meningkatkan pendapatan hidup dan bidang ekonomi semakin tumbuh dan berkembang, dan standar hidup manusia akan selalu mengikuti dengan perkembangan ekonomi.

Sistem ini juga digunakan untuk mengelola keuangan yang pastinya berlandaskan dan berbasis agama islam yang pada intinya supaya semua pihak tidak ada yang keberatan dan dirugikan karena prinsip ini diambil dari Al-Qur’an dan juga sunnah nabi yang sudah terpercaya oleh pemeluknya.

Di Indonesia khususnya, prinsip syariah merupakan hukum islam didalam kegiatan keuangan dan perbankan yang didasarkan pada fatwa yang dikeluarkan oleh lembaga atau institusi yang memiliki wewenang seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Aktivitas Manajemen Keuangann

aktivitas manajemen keuangan syariah
pixabay.com

Aktivitas manajemen keuangan berhubungan dengan 3 aktivitas diantaranya:

  • Aktivitas penggunaan dana

Aktivitas penggunaan dana adalah aktivitas untuk mengolah dana atau dana di investasi pada berbagai aktiva sehingga dana tidak mengendap namun mengalir dan berlipat ganda.

  • Aktivitas perolehan dana

Aktivitas perolehan dana adalah aktivitas untuk memperoleh dana atau sumber dana, baik itu dari dana internal perusahaan atau pun dari sumber dana eksternal yang penting mendapatkan sumber dana untuk di olah.

  • Aktivitas pengolahan aktiva

Aktivitas pengolahan aktiva adalah ketika dana sudah terkumpul sudah diperoleh dari beberapa sumber maka dana tersebut harus dialokasikan dalam bentuk aktiva dan dana harus dikelola secara efektif dan efisien.

Fungsi

fungsi Manajemen Keuangan syariah
pixabay.com

Berikut ini penjelasan singkat dari fungsi manajemen keuangan:

  1. Perencanaan keuangan, yaitu membuat rencana pemasukan, pengeluaran dan kegiatan lain diluar pemasukan dan pengeluaran pada periode tertentu.
  2. Penganggaran keuangan, yaitu menindak lanjut dari pernyataan perencanaan keuangan dengan membuat secara detail semua pengeluaran dan pemasukan.
  3. Pengelolaan keuangan, yaitu menggunakan sumber dana perusahaan untuk di oleh dengan maksimal dana yang ada tersebut dengan cara seksama dan berbagai cara.
  4. Pencairan keuangan, yaitu mencari sumber dana agar tidak dari satu sumber agar dana yang terkumpul bisa memenuhi semua operasional dan kegiatan perusahaan.
  5. Penyimpanan keuangan, yaitu mengumpulkan dana perusahaan baik dari internal dan eksternal dan dana tersebut disimpan dengan aman.
  6. Pengendalian keuangan, yaitu melakukan evaluasi atau perbaikan atas segala pemasukan dan pengeluaran keuangan dan juga pada sistem keuangan di perusahaan.
  7. Pemeriksaan keuangan, yaitu melakukan audit internal perusahaan agar diketahui segala kekurangan dan juga memeriksa supaya tidak terjadi penyimpangan.
  8. Pelaporan keuangan, yaitu menyediakan informasi tentang kondisi perusahaan agar kedepan dapat di perbaiki segala kekurangan dan juga sebagai bahan evaluasi perusahaan.

 

Baca juga pengertian manajemen pemasaran menurut para ahli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *