Pengertian, Manfaat, Fungsi, Tujuan dan Konsep Sistem Informasi Manajemen

5 min read

fungsi manajemen informasi

Sistem informasi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari bisnis, yang secara perlahan terus mengalami perubahan dan tantangan dari waktu ke waktu. Adapun manfaat sistem informasi manajemen bagi perusahaan sangat banyak sekali dan sangat diperlukan bagi perusahaan.

Bisnis modern biasanya tidak akan bertahan lama jika tidak menggunakan sistem informasi manajemen yang tepat dalam mengelola data yang berjumlah besar serta memberikan banyak informasi untuk kegiatan operasional baik belajar atau bekerja secara disiplin.

Pengertian Sistem Informasi Manajemen

sistem informasi manajemen
trinetprimasolusi.net/

Informasi manajemen merupakan sebuah prosedur gabungan yang mengumpulkan dan menghasilkan sebuah data yang relevan serta terorganisir dengan baik yang mendukung semua proses pengambilan keputusan perusahaan.

Secara singkatnya sistem informasi manajemen merupakan sekelompok proses yang datanya di peroleh lalu di analisa serta data tersebut ditampilkan dengan cara yang baik supaya berguna bagi perusahaan dalam pengambilan perusahaan.

Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Para Ahli

Berikut ini beberapa pengertian sistem informasi manajemen menurut para ahli:

  • Jogiyanto Hartono

Pengertian sistem informasi manajemen menurut Jogiyanto Hartono adalah kumpulan dari berbagai interaksi sistem informasi yang tugasnya bertanggung jawab dalam mengumpulkan dan mengolah data untuk menyediakan sebuah informasi yang berguna untuk semua elemen manajemen baik didalam setiap kegiatan perencanaan dan pengendalian.

  • Leonardo H. Siregar

Pengertian sistem informasi manajemen menurut Leonardo H. Siregar adalah sebuah sistem yang memiliki struktur untuk digunakan dalam mengelola komputer. Adapun didalam sistem informasi manajemen ini terdapat beberapa fungsi yang dibutuhkan yaitu penyimpanan data dan pencarian yang mutakhir.

Dengan begitu sistem informasi manajemen akan dapat digunakan untuk mempermudah proses penyusunan informasi manajemen seperti untuk sekolah supaya semuanya strukturnya berjalan dengan baik.

  • Azhar Susanto

Pengertian sistem informasi manajemen adalah kumpulan dari sub sebuah sistem, komponen, bagian baik yang bersifat fisik maupun non fisik yang mana keduanya saling berkaitan dan memiliki fungsi didalam mengevaluasi, mengendalikan serta perbaikan yang berkelanjutan.

  • Danu Wira Pangestu

Pengertian sistem informasi manajemen menurut Danu Wira Pangestu adalah sebuah kumpulan dari berbagai interaksi sistem informasi yang berwenang dalam mengolah data dan cara mengumpulkan data untuk menyediakan sebuah sistem informasi yang bermanfaat bagi semua tingkat manajemen dalam kegiatan perencanaan dan pengendalian.

Manfaat Sistem Informasi Manajemen

manfaat sistem informasi
trinetprimasolusi.net/

Berikut ini beberapa manfaat sistem informasi manajemen antara lain sebagai berikut:

  1. Manfaat sistem informasi manajemen yang pertama adalah untuk meningkatkan aksesibilitas data yang disajikan sebuah organisasi secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakainya tidak terkecuali, dengan meniadakan adanya melalui perantara sistem informasi.
  2. Manfaat sistem informasi manajemen yang kedua adalah untuk menjamin tersedianya keterampilan dan kualitas dari sistem informasi secara kritis.
  3. Manfaat sistem informasi yang ketiga adalah untuk mengembangkan proses dari sebuah perencanaan yang efektif dan efisien.
  4. Manfaat sistem informasi manajemen yang keempat adalah mengidentifikasi segala kebutuhan dan keterampilan pendukung sistem informasi.
  5. Manfaat sistem informasi manajemen yang kelima adalah menetapkan investasi yang akan di arahkan pada sebuah sistem informasi.
  6. Manfaat sistem informasi manajemen yang keenam adalah mengantisipasi dan memahami segala konsekuensi ekonomis dari sistem ekonomi yang baru maupun teknologi yang terkini.
  7. Ketujuh adalah memperbaiki produktivitas dalam aplikasi pemeliharaan dan pengembangan sebuah sistem.
  8. Kedelapan adalah untuk organisasi agar menggunakan sistem informasi untuk mengolah semua cek nasabah dan membuat berbagai laporan keuangan dan rekening selama transaksi yang telah dilakukan.
  9. Kesembilan adalah untuk organisasi agar menggunakan sistem informasi yang ada untuk mengolah semua data transaksi dan mengurangi biaya serta menghasilkan pendapatan sebagai salah satu dari produk dan pelayanan mereka terhadap nasabah.

Baca juga Pengertian Sumber Daya Manusia

Fungsi Sistem Informasi Manajemen

fungsi manajemen informasi
trinetprimasolusi.net/

Beberapa fungsi dari sistem informasi manajemen diantaranaya adalah:

  • Mengumpulkan Data Informasi

Data dan informasi yang digunakan sebuah organisasi baik perusahaan atau instansi pasti sangat banyak, Namun dalam mengelolanya harus jelas dan dibutuhkan waktu serta ketelitian dari orang-orang yang berpengalaman di bidangnya.

  • Membantu dalam Pengambilan Keputusan

Sistem informasi ini memiliki peran penting dalam proses pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi, karena keputusan yang dibuat akan berdasarkan informasi yang relevan dan informasi yang akan diperoleh dari sebuah sistem informasi manajemen.

  • Membantu dalam Membandingkan Kinerja BIsnis

Sistem informasi manajemen ini berperan menyimpan semua history dalam basis data, maka dari itu sistem ini sangat diperlukan dan dibutuhkan untuk membandingkan sebuah kinerja organisasi bisnis.

  • Membantu Menemukan Masalah

Sistem informasi manajemen ini memberikan informasi yang relevan tentang semua aspek kegiatan, maka dari itu jika ada kesalahan dalam manajemen maka sistem ini secara otomatis akan membantu organisasi dalam memecahkan masalah dan menemukan solusi dari masalah tersebut.

 

Bisa dikatakan bahwa fungsi dari sistem informasi manajemen dalam sebuah perusahaan sangat memberikan pengaruh terhadap segala putusan akhir yang ditarik instansi atau korporasi terkait.

Tujuan Sistem Informasi Manajemen

tujuan sistem onformasi
trinetprimasolusi.net

Tujuan dari sistem informasi manajemen adalah menghasilkan informasi yang relevan dan berguna untuk organisasi. Sistem informasi manajemen merupakan sebuah sistem yang modern dengan melibatkan perangkat teknologi untuk mengelola semua data dan informasi untuk dijadikan sebagai bahan pengambilan keputusan.

Tujuan teknis sistem informasi manajemen diantaranya:

  • Mengumpulkan Data

Sistem informasi manajemen bertujuan untuk mengumpulkan semua data yang diperlukan dan dibutuhkan perusahaan serta sangat berpengaruh bagi perusahaan, data-data tersebut berasal dari internal baik perusahaan maupun ekstern perusahaan seperti transaksi, data operasional, agenda perusahaan serta berbagai kegiatan perusahaan.

  • Pengolahan Data

Sistem informasi juga bertujuan untuk mengolah data yang sudah terkumpul menjadi sebuah informasi serta pengolahan data ini berupa sortir data-data dan menyeleksi data, merangkum data, mengelompokkan data serta membuat perhitungan sehingga muncul data akhir yang data tersebut menjadi informasi manajemen yang relevan dan sangat berguna bagi organisasi.

  • Penyajian Informasi

Tujuan sistem informasi manajemen yang terakhir adalah menyajikan hasil dari pengolahan data dan data atau informasi yang disajikan harus relevan dan mudah dibaca, dipahami oleh penerima informasi atau penggunanya gara pesan yang disampaikan dapat disalurkan da pahami oleh semua.

Tiga tahapan dan tujuan sistem informasi manajemen tersebut dilakukan dengan menggunakan komputer dan teknologi yang modern sehingga sistem informasi manajemen lebih akurat, cepat, efektif serta efisien.

Konsep Sistem Informasi Manajemen

konsep sistem informasi
trinetprimasolusi.net

Selain kita harus mengetahui pengertuian fungsi dan tujuan sistem informasi manajemen kita juga harus mengetahui konsep pokok dari dari sistem informasi manajemen yang berhubungan dengan informasi, pemakaian, serta nilai informasi.

Berikut ini pokok-pokok dari sistem informasi manajemen:

  • Konsep Informasi

Konsep sistem informasi manajemen yang pertama adalah informasi menambahkan sesuatu yang penting dan berguna pada penyajian data yang berhubungan dengan waktu dan mutu.

  • Konsep Manusia sebagai Pengolah Informasi

Konsep sistem informasi manajemen yang kedua yaitu yang mengolah data informasi dan untuk menentukan batasan-batasan dalam sistem informasi manajemen adalah kemampuan manusia, maka dari itu perlu sumber daya manusia yang unggul atau yang ahli di bidangnya untuk kelancaran pengolahan informasi.

  • Konsep Sistem

Konsep sistem informasi manajemen yang ketiga adalah konsep sistem karena sistem informasi manajemen merupakan sebuah sistem yang mana sistem ini perlu memahami segala sumber agar dapat merancang dan mendeteksi segala bentuk ancaman pada pengembangan sistem informasi manajemen.

  • konsep Organisasi dan Manajemen

Konsep sistem informasi manajemen yang keempat adalah konsep organisasi manajemen yang sistem ini berada dibawah organisasi yang fungsinya untuk mendukung tujuan dan fungsi manajemen dan informasi ini sebagai penentu dalam keutuhan sebuah bentuk organisasi.

  • Konsep Pengambilan keputusan

Konsep sistem informasi manajemen yang kelima adalah konsep pengambilan keputusan yang rancangan sistem informasi manajemen harus rasional dan optimasi, tetapi harus juga berlandaskan teori perilaku dalam pengambilan berbagai keputusan dalam organisasi

  • Konsep Nilai Informasi

Konsep sistem informasi manajemen yang terakhir adalah konsep nilai informasi yang mana informasi bisa mengubah keputusan, dan perubahan dalam nilai akan menentukan nilai informasi, serta sistem dalam organisasi harus terbuka dan transparan.

Karakteristik SIM

karakteristik SIM
trinetprimasolusi.net

Berikut ini beberapa karakteristik dari sistem informasi manajemen diantaranya sebagai beriktu:

  • Elemen Sistem

Karakteristik sistem informasi manajemen yang pertama adalah elemen atau komponen merupakan bagian-bagian atau sub sistem dari sebuah sistem yang lebih besar.

Elemen sistem mungkin merupakan bagian dari yang paling kecil dari sebuah sistem yang ada. Setiap elemen memiliki tugas dan fungsinya masing-masing begitu pun dengan tujuan sendirinya.

Namun dari elemen sistem informasi manajemen ini akan saling terhubung dan berinteraksi dan saling bekerja sama dengan yang lain untuk mencapai segala tujuannya.

  • Batasan Sistem

Karakteristik sistem informasi manajemen yang kedua adalah batasan sistem yaitu batasan ruang lingkup yang membatasi sistem informasi manajemen dengan sistem lainnya.

Adanya batasan pada sistem ini membuat sistem informasi manajemen akan membuat sistem informasi yang ada tidak saling tumpang tindih dengan sistem lainnya serta sistem ini akan saling melakukan tugas dan fungsinya masing-masing.

  • Lingkungan Luar

Lingkungan merupakan hal-hal yang berada diluar batas sistem informasi manajemen yang bisa berpengaruh terhadap operasional sistem informasi manajemen.

  • Penghubung Sistem

Penghubung sistem merupakan sebuah media yang jadi jembatan antara sub sistem satu dengan sub sistem lainnya.

  • Masukan Sistem

Masukan sistem merupakan data yang sudah diperoleh lalu data tersebut dimasukkan kedalam sebuah sistem untuk di olah sistem.

Karakteristik dari masukan sistem adalah hal yang paling mendasar yang harus dimiliki oleh setiap sistem serta sistem kerja sebuah sistem informasi berawal dari masukan.

  • Keluaran Sistem

Output atau keluaran sistem merupakan data masukan yang telah selesai dan menjadi informasi, dan output merupakan informasi yang bisa berupa laporan, grafik, formulir dan berupa perbaikan.

  • Pengolah sistem

Pengolah sistem merupakan proses data yang masuk kedalam sistem dan diolah sedemikian rupa hingga menghasilkan data keluaran yang akan menjadi sebuah informasi yang sangat berguna.

  • Tujuan Sistem

Tujuan sistem tentu memiliki tujuan yang ingin dicapai salah satu tujuan dari sistem informasi manajemen memberikan informasi yang berguna bagi para pihak yang membutuhkan.

Baca juga pengertian manajemen pemasaran menurut para ahli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *