Pengalaman Membuat Web Series

4 min read

Kameramen

Pada artikel yang pertama ini saya akan meceritakan pengalaman saya ketika pertama kali membuat Web Series, tentu teman-teman pasti tau apa itu Web Series.

Web Series atau serial web merupakan film pendek yang ditayangkan di internet biasanya di Youtube yang di tangnya dalam beberapa episode. Adapun jeda untuk setiap episode bisa berbeda-beda, ada yang beberapa hari, satu minggu, atau bisa lebih dari itu.

Web Series Ruang Rasa

Web Series Ruang Rasa
Sumber : @instagram- @Webseriesruangrasa

Web Series ini diangkat dari sebuah buku yang berjudul Ruang rasa terbitan frekuensi.co, jika teman-teman ada yang berminat membeli bisa kontak admin dikontak yang tertera di halaman web. hehe

Langsung saja cerita awal kenapa saya terlibat dalam pembuatan Web Series ini ketika hari kamis tanggal 12 Desember 2019. Ketika pagi hari sedang membuat segelas susu hangat ada notifikasi di WA dari seorang teman yang tidak asing yaitu Arif Muhand namanya dia memberi pesan seperti ini.

“Wa poe sabtu minggu kosong teu” (wa hari sabtu ada kegiatan tidak).

Wa” adalah panggilan ke teman semisal bro, gais, sob, fren. Namun ini panggilan yang biasa dilakukan di daerah Jawa Barat.

Lanjut membalas pesan dari Arif, “Kosong wa aya naon kitu” (Kosong wa ada apa gitu).

Dia langsung to the point “Wa bantuan urang ieu nyieun web series dua poeun da moal lila”

(Wa bantu aku membuat Web Series Cuman dua hari aja kok gak bakal lama).

Karna saya menyukai bidang videografi maka dengan sigap langsung membalas “Siap wa” chat nya berlanjut dengan pembahasan teknis lapanganya seperti dan harus bagaimana.

Menjadi Kameramen

Kameramen
Sumber : @[email protected]

Saya Biasanya membuat video parody, dokumentasi kegiatan-kegiatan Oudoor maupun Indoor namun kali ini manjadi kameramen sebuah Web Series. Hal ini manjadi pengalaman dan juga tantangan tersendiri karna  ada beberapal baru yang belum saya ketahui dan harus di pelajari.

Sampai pada hari H ternyata ada kekosongan talent sehingga di dalam episode 1 nya itu saya juga harus menjadi salah satu talent. Hal ini tidak membuat saya keberatan karna memang saya juga sering menjadi pemeran utama dalam beberapa video jadi dibawa santai saja meskipun ada double job juga.

Hari Sabtu tanggal 14 Desember 2019 proses syuting dimulai pada pagi hari karena dijadwalkan 3 episode Itu di selesaikan dalam dua hari tersebut. Karena berbagai kesibukan dan pekerjaan jadi hanya bisa dilakukan pada hari senggang yakni ketika weekend hari sabtu da minggu.

Sekitar pukul 7 pagi saya berangkat ke terminal Leuwi Panjang dengan menaiki DAMRI, untuk bertemun teman-teman yang lain yang kami berjanjian disana. Nantinya kalo kami sudah kumpul semua akan berangkat ke lokasi yaitu ke Lembang dengan menggunakan sepeda motor.

Teman Baru Dan Hampir Cinlok

Web Series Ruang Rasa
Sumber : @Instagram- @Webseriesruangrasa

Ketika Sampai di Terminal Leuwi Panjang ternyata banyak orang-orang yang belum saya kenal sebelumnya. Hal ini yang membuat agak canggung juga tapi setelah ngobrol ternyata asik juga dan gak selang beberapa  lama jadi akrab karena keseruan dilokasi syuting juga.

Adapun latarbelakang teman-teman  yang berada di lokasi syuting itupun berbeda beda, ada yang seorang Guru, Mahasiswa, dan juga seorang Pegawai swasta. Setelah ditelusuri ternyata mereka teman dari teman saya tadi Arif Muhand dan ada dari teman temanya Arif.

Ada juga beberapa yang satu komunitas tepatnya komunitas Hilal Leadesr Community karna mungkin saya kurang aktif sehingga tidak mengenali mereka. Ketika berangkat ke Lembang itu saya di satu motorin dengan yang namanya ade, dan ade itu perempuan salah satu talent di Web Series ini.

Ketika di Motor saya tidak mengenali atau tidak bisa melihat wajah si ade ini apakah cantik atau biasa aja. Dalam hati juga bertanya tanya apakah dia cantik atau tidak hingga akhirnya sampai dilokasi kemudian dia membuka maskernya dan ya waw lumayan cantik juga agak enak untuk dipandang. hehe

Berjalan suting dari pagi sampai Malam dengan segala problem canda tawa di dalamnya hingga akhirnya waktu menunjukan pukul 09.00 waktu Indonesia Bagian Barat kami pun pulang.

Ketika mau pulang yang tadinya saya mau langsung pulang ke kosan akhirnya terpaksa harus menginap dirumah Arif. Dikarnakan si Ade tadi matanya Mines dan tidak membawa kacamata hanya memakai softline sehingga membuat penglihatnya terganggu jadi remang remang kalau melihat cahaya.

Diputuskan saya membonceng Ade sambil nanti pulangnya kerumah Arif karna searah juga dengan rumahnya Ade.

Diperjalanan kami mengobrol ini itu ngaler ngidul sampai si Ade ngantuk dan selama perjalanan beberapa kali tidur, saya tau karena kerasa sidagunya nempel dipundak ketika bangun diangkat lagi ngantuk nempel begitu terus sampai mau sampai kerumah.

Setelah kurang lebih dua jam kami sampai dirumah Ade masuk Rumah dan aku menginap dirumah Arif sambil merencankan untuk teknis dan memastikan lokasi kedua untuk syuting besok.

Sebelum Tidur ternyata ada notifikasi Wa dari Ade yang mengatakan dia gabisa tidur karna telat makan obat, kami chatan sampai ketiduran karna kelelahan habis syuting tadi siang.

Akhirnya kami tidur dan pas tidur ada notifikasi WA yang tidak sempat kami baca karna sudah tidur, bahkan telepon pun tidak terangkat hingga ketika bangun subuh ada sesuatu terjadi.

Problem Solving

Problem Solving
Sumber : @Instagram- @Webseriesruangrasa

Ketika kami bangun ada pesan dari Putri team Art Director ia mengatakan bahwa ada misskomunikasi dengan tempat syuting besok. Yang semula tempatnya itu udah ready namun ternyata harus ada tiket seperti biasa, Hal ini membuat kami pusing tujuh keliling karna waktu sudah mepet.

Sedangkan ini belum ada kejelasan maklum kami baru startup jadi untuk menyewa tempat belum sanggup karna masih menggunakan dana sponsor. Yang masih minim hanya cukup untuk transporasi dan juga makan itupun kurang, akhirnya kami mengerahkan kenalan yang mempunyai Lapangan untuk berkuda dan panahan siapa.

Sudah hampir putus asa si Arif udah marah-marah sampai mengucapkan kata-kata kasar ini itulah yang sama kami juga merasa kesal. Karna the power of kepepet akhirnya minjam alat panahan ke si ini dan minjem ini ke si itu dan tempat untuk syutingnya itu di Pondok Tahfid Cendikia

Tempatnya berada di daerah Cimahi dekat dari Bandung, akhirnya hari ini jadi malanjutkan syuting dengan segala keterbatasan dan lain-lainya.

Kerja Sama Team

Kerja Sama Team
Sumber : @[email protected]

Ketika semua sudah siap akhirnya kami Berangkat ke cimahi sekitar pukul 08.30 WIB sampai sekitar 10.00 WIB, dan kami langsung mempersiapkan peralatan dan sebagaianya. Proses syuting berjalan seperti biasa namun ketika sore hari ketika kami sudah mulai lelah dan batre kamera sudah mau habis.

Si Ade tadi kehilangan konsentrasi hingga take berulang-ulang sedangkan batre sudah mau habis dan waktu mulai mau magrib. Bahkan muka kecewa kesel sudah terlihat dari muka si Arif hingga dia menyerahkan kameranya ke si doni untuk mengambil take yang si ade tadi.

Hingga take berulang-ulang dan kami rasa cukup karna dipaksakanpun tidak akan baik, Kami memutuskan menyudahi syuting Kemudian mengambil seadanya saja karna sudah kehabisan waktu, akhirnya kami semua pulang kerumah masing-masing dan selang beberapa hari si Arif ada ngontek kembali dan dia bilang.

“Wa Bahan kurang euy kudu syuting deui” (Wa bahan kurang harus syuting lagi)

“Hayu Iraha” kata aku

Dan Si Arif bilang “Kumaha Rebo bisa teu?” (bagaimana rabu bisa gak).

Tanpa fikir panjang saya langsung menyanggupi karna memang lagi free juga, dan saya juga sempat menanyakan bagaimana yang lain. Soalnya mereka ada yang bekerja dan dia mengatakan bahwa kita syutingnya sore jadi ketika mereka sudah pulang bekerja.

Hingga sore tiba dan kami mulai syuting untuk melangkapi kekurangan, lalu semua selesai tepat sebelum sholat magrib. kami pun pamit ke Agung untuk pulang dan pergi menemui pa Iwan kalau tidak salah untuk mengambil gambar pelengkap video sebagai ayah Aksa.

Sebagai ayahnya Aksa seorang pemeran utam di cerita Web Series ini, kami langsung pergi karna takut kemalaman karna agak jauh juga. Takutnya keburu pulangnya juga si pak Iwannya. setelah Semua Selesai bahan untuk video sudah lengkap dan siap untuk di edit.

Akan tayang perdana pada tanggal 29 Desember bagi kalian yang membaca artikel ini bisa melihat video Web Series Ruang Rasa di chanel Youtube @RuangRasa.

Jangan lupa Like Comment and Subcribe ya. hehe

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *