Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

4 min read

Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli-ahli lokal dan dunia

Pada artikel kali ini akan membahas pengertian manajemen pemasaran menurut para ahli dan juga lain-lainnya.

Dalam ilmu manajemen ada yang namanya manajemen sumber daya manusia, manajemen operasi, manajemen keuangan dan manajemen pemasaran dan banyak sekali pengertian-pengertian dari manajemen pemasaran.

Banyak para ahli yang memberikan pengertian tentang manajemen pemasaran baik dari ahli dalam negeri dan luar negeri ada juga dari sebuah asosiasi.

Adapun pengertian manajemen secara umum adalah:

Pengertian Manajemen Pemasaran

pengertian-pengertian manajemen pemasaran
pixabay.com

Pengertian manajemen pemasaran secara umum adalah sebuah proses dengan berbagai rangkaian perencanaan, pengendalian, pelaksanaan dan pengawasan terhadap suatu kegiatan yang berkaitan dengan pemasaran dengan tujuan untuk mencapai target perusahaan.

Adapun arti lain juga dari manajemen pemasaran adalah alat untuk menganalisis, merencanakan, pengendalian seta penerapan sebuah program perusahaan yang telah dirancang untuk memberikan keuntungan bagi perusahaan.

Adapun tujuan dari keuntungan ini dimaksudkan untuk jalan perusahaan supaya tercapai tujuan utama dari bisnis yang dijalankan perusahaan.

Pengertian lain menurut situs Wikipedia manajemen pemasaran merupakan sebuah proses penetapan tujuan pemasaran di dalam suatu organisasi. Semua ini mencakup segala sesuatu baik aktivitas yang memenuhi tujuan perusahaan.

Adapun pelaku manajemen di bidang pemasaran adalah seorang manajer pemasaran yang tugasnya mempelajari sumber keuntungan, dan sumber daya lainnya.

Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli-ahli lokal dan dunia
pixabay.com
  • Kotler 1980

Pengertian manajemen pemasaran menurut para ahli yang pertama adalah menurut kotler manajemen pemasaran merupakan perencanaan, analisa, pelaksanaan, dan pengawasan program bertujuan menimbulkan pertukaran pasar untuk tercapainya tujuan dari perusahaan.

  • Dharmmesta Dan Handoko (1982)

Menurut Dharmmesta dan Handoko adalah salah satu kegiatan perusahaan agar berkembang dan mendapatkan keuntungan dari setiap transaksi dengan tujuan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaan.

  • Philip Kotler/Armstrong 2002

Menurut Philip Kotler/Armstrong adalah perencanaan, analisis, pelaksanaan serta pengendalian program perusahaan untuk tercapainya tujuan perusahaan dengan menciptakan dan membangun keuntungan.

  • Buchari Alma 2004

Pengertian manajemen pemasaran menurut para ahli yang keempat adalah Buchari Alma menyatakan bahwa manajemen pemasaran adalah perencanaan, mengarahkan serta mengawasi kegiatan-kegiatan pemasaran diseluruh bagian perusahaan.

  • Ben M. Eniy 2007

Pengertian manajemen pemasaran menurut para ahli yang kelima adalah Ben M. Eniy 2007 mengungkapkan bahwa manajemen pemasaran merupakan proses meningkatkan efektivitas dan efisiensi dari seluruh kegiatan baik yang dilakukan individu atau perusahaan.

  • Lupiyo Adi 2006

Lupiyo Adi menyatakan manajemen pemasaran adalah menganalisis, merencanakan, melaksanakan dan pengawasan program-program pertukaran yang diinginkan untuk memperoleh keuntungan perusahaan.

  • Philip William J. Shultz

Philip William J. Shultz menyatakan manajemen pemasaran adalah perencanaan, mengarahkan serta mengawasi seluruh kegiatan-kegiatan perusahaan.

  • Buchori dan Djaslim 2010

Berpendapat bahwa manajemen pemasaran adalah sebuah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, promosi, penetapan harga, serta distribusi untuk menghasilkan pertukaran yang diharapkan dan tujuan utama organisasi.

  • John W. Mullins

John W. Mullins menyatakan manajemen pemasaran adalah proses analisis, penerapan, koordinasi, pengendalian, penetapan harga, promosi, distribusi untuk mendapatkan keuntungan dan mencapai tujuan organisasi.

  • Peter R. Dickson

Peter R. Dickson menyatakan manajemen pemasaran  ialah variate kegiatan organisasi yang bertujuan memahami dan mengetahui apa yang diinginkan konsumen dan bagaimana perilakunya.

  • Swastha 1995

Pengertian manajemen pemasaran menurut para ahli yang kesebelas adalah Swastha menyatakan manajemen pemasaran adalah analisis, perencanaan, pelaksanaan serta pengawasan program untuk mencapai target dan tujuan perusahaan.

  • A Strategic Approach With A Global Orientation Boyd

Menurutnya manajemen pemasaran adalah proses menganalisis, merencanakan, implementasi, koordinasi, pengendalian yang meliputi harga, promosi serta distribusi produk untuk menciptakan pertukaran yang diharapkan dan mencapai tujuan utama dari perusahaan.

  • Sofyan Assauri

Berpendapat bahwa manajemen pemasaran adalah sebuah kegiatan analisis, perencanaan, koordinasi serta pengendalian semua kegiatan yang berkaitan dengan peluncuran, perancangan produk baik barang atau jasa.

Agar konsumen dapat puas dan dapat mencapai tujuan dari perusahaan dengan jangka panjang perlu adanya komunikasi, promosi dan distribusi produk yang benar dan dapat transaksi.

  • Winardi

Menurut Winardi manajemen pemasaran adalah sebuah proses pengambilan keputusan, perencanaan serta pengawasan aspek dari segi pemasaran suatu produk perusahaan yang berhubungan dengan konsep pemasaran suatu perusahaan.

  • William J. Stanton

Manajemen pemasaran adalah sebuah proses analisis perencanaan, pelaksanaan serta pengawasan program yang dimaksudkan untuk mengadakan pertukaran yang diharapkan dengan tujuan pasar sesuai target agar tercapai tujuan perusahaan.

  • American Marketing Association

Pengertian manajemen pemasaran menurut para ahli yang keenam belas adalah AMS menyatakan manajemen pemasaran adalah hasil dari prestasi kerja dan kegiatan usaha yang berkaitan untuk mengalirkan produk supaya sampai ke konsumen.

Baca juga pengertian sumber daya manusia

Konsep Marketing

konsep pemasaran
pixabay.com

Dalam manajemen pemasaran terdapat beberapa konsep yang menjadi dasar dalam melaksanakan berbagai kegiatan pemasaran dalam suatu organisasi dan perusahaan.

Berikut ini beberapa konsep dasar dari pelaksanaan kegiatan pemasaran diantaranya adalah:

  • Konsep produksi

Konsep pertama yang dipakai oleh perusahaan yang meyakini bahwa ketka konsumen menginginkan harga dan produk yang terjangkau dan juga mudah untuk diperoleh.

  • Konsep produk

Konsep kedua dilihat oleh asumsi jika kebanyakan konsumen cenderung lebih menyukai produk yang berkualitas dan juga ketersediaan produk ini tidak terlalu berpengaruh bagi keputusan pembelian konsumen.

  • Konsep penjualan

Konsep penjualan percaya jika produk yang dibuat terlepas apapun itu dari segi kualitas, harga, maupun permintaan, produk akan tetap laku jika perusahaan memasarkannya secara agresif.

  • Konsep pemasaran

Konsep ini merupakan konsep manajemen pemasaran yang menjadikan konsumen sebagai pusat perhatian atau menjadi target.

Konsumen akan menjadi pusat atau fokus perusahaan terhadap segala keperluannya serta berupaya memahami segala sesuatu yang diinginkan oleh konsumen.

  • Konsep pemasaran sosial

Konsep ini hampir sama dengan konsep pemasaran namun konsep ini lebih mementingkan kepentingan secara umum tidak hanya fokus kepada konsumen saja.

  • Konsep pemasaran global

Konsep ini lebih menyeluruh semua faktor menjadi pembahasan dan menjadi kajian bagi manajer pemasaran.

Konsep pemasaran memiliki 3 unsur pokok yang diantaranya meliputi:

  • Orientasi pada Konsumen

Perusahaan harus memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan konsumen diantaranya:

  1. Memahami dan menentukan apa saja yang menjadi kebutuhan konsumen yang akan dilayani.
  2. Menentukan sasaran pembeli yang akan dijadikan tujuan penjualan.
  3. Menentukan program pemasaran.
  4. Meneliti motivasi konsumen.
  5. Merencanakan dan melaksanakan strategi marketing
  • Koordinasi dan Integritas dalam Perusahaan

Kepuasan konsumen adalah satu hal yang harus diprioritaskan oleh perusahaan dan elemen-elemen lain harus koordinasi dan di integrasi semaksimal mungkin.

Selain itu berbagai pertentangan kalau bisa mungkin harus dihindari baik dari dalam perusahaan maupun dari luar perusahaan semua tidak boleh di anggap sepele.

Semua pihak harus menyadari apapun yang mereka lakukan akan membuat dan mempengaruhi segala kemampuan perusahaan dalam menciptakan produk dan juga mempertahankan eksistensi perusahaan.

  • Mendapatkan Laba melalui Kepuasan Konsumen

Faktor yang membuat sebuah perusahaan bertahan adalah laba karena itu merupakan sumber daya tahan perusahaan dalam mengarungi kehidupannya, namun semua itu tergantung dari puas atau tidaknya konsumen.

Maka dari itu meski tujuan utama dari perusahaan adalah laba faktor penting dari strategi pemasaran adalah bagaimana mengetahui kebutuhan konsumen sehingga mereka puas dan berdampak pada laba perusahaan.

Konsep  Inti Marketing

Konsep ini dari manajemen pemasaran adalah:

  1. Kebutuhan, keinginan dan permintaan
  2. Pasar sasaran, positioning dan segmentasi
  3. Penawaran dan merek
  4. Nilai kepuasan
  5. Saluran pemasaran
  6. Rantai pasokan
  7. Persaingan
  8. Lingkungan pemasaran

Fungsi

fungsi manajemen pemasaran
pixabay.com

Fungsi-fungsi dari manajemen pemasaran adalah:

  • Agar memperoleh riset konsumen
  • Untuk mengembangkan produk
  • Untuk Komunikasi dan promosi
  • Untuk Strategi distribusi
  • Penetapan Harga
  • Pemberian pelayanan.

Tugas Manajemen Pemasaran

tugas manajemen pemasaran
pixabay.com

Adapun berbagai tugas dari manajemen pemasaran diantaranya adalah:

  1. Tugasnya untuk mempelajari kebutuhan dan keinginan konsumen
  2. Tugasnya untuk mengembangkan semua konsep baik produk atau untuk kepuasan konsumen
  3. Tugasnya untuk membuat citra merek
  4. Tugasnya untuk mengatur distribusi produk dan menganalisa penjualan
  5. Tugasnya untuk menciptakan kondisi yang stabil dan juga komunikasi yang efektif dan efisien
  6. Tugasnya untuk mengatur harga agar memperoleh Return on Investment yang baik.

Baca juga pengertian akuntansi manajemen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *