Pengertian Sumber Daya Manusia

9 min read

pengertian sumber daya manusia

Kita sering mendengar kata sumber daya manusia namun masih banyak orang yang hanya sekedar tahu namun tidak mengetahui pengertian dari sumber daya manusia itu sendiri.

Dalam artikel ini akan membahas dimulai dari pengertian sumber daya manusia konsep, teori, peran, dan juga fungsi dari sumber daya manusia.

Maka dari itu mari kita kupas tuntas semua hal-hal yang berkaitan dengan sumber daya manusia dari awal sampai akhir.

Pengertian Sumber Daya Manusia

pengertian sumber daya manusia
pixabay.com

Sebelum membahas pengertian dari sumber daya manusia kita harus tahu bahwa sumber daya manusia merupakan salah satu faktor yang sangat fundamental dan sangat berkaitan erat dengan organisasi.

Sumber daya manusia juga merupakan kunci berkembang atau mundurnya sebuah perusahaan, pada dasarnya sumber daya manusia adalah penggerak. pemikir dan perencana.

Berdasarkan perkembangannya sumber daya manusia diartikan sebagai aset dan modal bagi sebuah organisasi tidak sebatas pengertian sumber daya manusia biasa.

Sumber daya manusia (SDM) adalah orang-orang produktif yang bekerja di suatu organisasi, perusahaan atau institusi sebagai penggerak yang mempunyai fungsi yang fundamental dan juga sebagai aset yang harus dikembangkan kemampuan.

Sumber daya manusia juga sering disebut dengan sebutan Human resources yang bisa diartikan sebagai usaha kerja atau bisa juga dikatakan jasa dalam suatu proses produksi.

Pengertian Sumber Daya Manusia Secara Makro

Pengertian sumber daya manusia juga terbagi menjadi dua pengertian, pengertian sumber daya manusia secara makro dan pengertian sumber daya manusia secara mikro.

Pengertian sumber daya manusia secara makro merupakan penduduk yang dalam sebuah negara yang sudah memasuki usia kerja bisa sudah bekerja atau belum bekerja.

Pengertian Sumber Daya Manusia Secara Mikro

Adapun pengertian sumber daya manusia secara mikro merupakan individu yang sudah bekerja di suatu perusahaan yang biasa disebut pegawai, karyawan, buruh.

Jadi dapat disimpulkan bahwa pengertian sumber daya manusia adalah setiap orang yang sudah bekerja disuatu organisasi yang fungsinya adalah sebagai penggerak dan aset tempat mereka bekerja.

Pengertian Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

Pengertian Sumber Daya Menurut
pixabay.com

Berikut ini beberapa pengertian sumber daya manusia menurut beberapa ahli diantaranya:

  • Hasibuan

Beliau berpendapat pengertian sumber daya manusia memiliki arti keahlian terpadu  yang berasal dari daya fisik dan juga daya berpikir yang dimiliki setiap orang.

  • Mathis dan Jackson

Mereka memberikan pengertian Sumber Daya Manusia merupakan rancangan dari berbagai sistem formal sebuah organisasi dengan tujuan penggunaan keahlian sumber daya manusia yang efektif dan efisien untuk tercapainya tujuan organisasi.

  • William R. Tracey

Menurutnya pengertian sumber daya manusia adalah individu-individu yang menjadi staf dan operasinal sebuah organisasi atau perusahaan.

  • M.T.E. Hariandja

Pengertian sumber daya manusia adalah merupakan salah satu faktor utama selain faktor modal usaha yang diperlukan untuk  efektifitas dan efisiensi perusahaan.

  • Henry Simamora

Pengertian sumber daya manusia menurut Simamora adalah pengembangan, pendayagunaan, penilaian, dan pengelolaan manusia dalam suatu organisasi.

  • Anwar Prabu Mangkunegara

Pengertian sumber daya manusia menurut Mangkunegara adalah perencanaan, organizing, pelaksanaan dan pengawasan terhadap pengadaan, pemberian balas jasa dan pemisahan terhadap tenaga kerja.

  • Handoko

Pengertian sumber daya manusia menurut Handoko adalah penarikan, seleksi, pengembangan, pemeliharaan dan penggunaan manusia untuk mencapai titik tujuan individu dan organisasi.

  • Rival

Pengertian sumber daya manusia menurut Rival merupakan bidang dari manajemen secara umum yang meliputi pengendalian, pelaksanaan, organizing, dan perencanaan.

  • Sofyandi

Pengertian sumber daya manusia menurut Sofyandi adalah Aktivitas atau fungsi operasional sumber daya manusia yang diterapkan lewat strategi dan fungsi manajemen yaitu perencanaan, organizing, leading, dan pengawasan.

  • Dessler

Pengertian sumber daya manusia menurut Dessler adalah proses menilai, melatih memperoleh dan memberikan kompensasi, keamanan, kesehatan dan masalah keadilan, memperhatikan hubungan kerja karyawan.

  • Fisher et.al

Pengertian sumber daya manusia adalah semua aspek baik praktek dan keputusan manajemen yang berpengaruh langsung ke semua orang atau sumber daya manusia di suatu organisasi.

  • M.Manullang

Pengertian sumber daya manusia menurut Manullang adalah sebuah seni dan ilmu pengembangan, pengadaan, dan pemanfaatan sumber daya manusia supaya tercapai tujuan perusahaan dan dapat memberikan gairah kerja dan merealisasikan secara daya guna.

  • Hadari Nawawi

Pengertian sumber daya manusia menurut Nawawi adalah proses pendayagunaan manusia secara manusiawi baik sebagai tenaga kerja atau apapun agar semua potensi yang ada baik secara fisik maupun psikis bisa maksimal untuk tercapainya tujuan sebuah perusahaan.

  • Marwansyah

Pengertian sumber daya manusia menurut Marwansyah adalah pendayagunaan sumber daya manusia dalam sebuah organisasi yang dilakukan lewat fungsi perencanaan, pengembangan, rekrut, seleksi, keselamatan dan kesehatan kerja, kompensasi, dan kesejahteraan.

Konsep Sumber Daya Manusia

konsep Sumber daya manusia
pixabay.com

Sumber daya manusia merupakan sumber yang vital dalam segala kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan pengakuan dan pentingnya tenaga kerja pada suatu organisasi.

Sumber daya manusia sangat memberikan kontribusi terhadap segala tujuan organisasi karena dapat memanfaatkan fungsi dan kegiatan secara efektif dan efisien.

Dalam konsep sumber daya manusia tidak dapat digantikan oleh faktor-faktor lain dilihat dari pengaruh dan manfaatnya untuk organisasi.

seorang karyawan dikatakan memiliki kontribusi terhadap organisasi ketika kehadirannya sangat diperlukan dan sangat memiliki nilai tambah terhadap produktivitas.

Tingkat kesehatan sumber daya manusia dalam melaksanakan fungsi-fungsi sumber daya manusia diantaranya:

  1. Perencanaan sumber daya manusia
  2. Analisa pekerjaan
  3. Pengadaan karyawan
  4. Seleksi karyawan
  5. Penempatan kerja
  6. Kompensasi
  7. Penilaian kinerja
  8. Pengembangan karir
  9. Pelatihan
  10. Pencapaian mutu
  11. Perundingan karyawan
  12. Riset karyawan
  13. Pensiun

Manfaat dan kekurangan seorang karyawan bisa dilihat dari kepentingan dan makna bagi dirinya pribadi, produktivitas organisasi dan pihak-pihak lain.

Manfaat Sumber Daya Manusia bagi Perusahaan

manfaat sumber daya manusia bagi perusahaan
pixabay.com

Sumber daya manusia yang sangat berkualitas tentunya akan sangat membantu perusahaan untuk berkembang dan untuk mencapai tujuan.

Selain pengertian dari sumber daya manusia berikut ini beberapa manfaat dari pengembangan sumber daya manusia diantaranya:

  1. Meningkatkan kualitas dan kualitas hasil produksi
  2. Meningkatkan produktivitas dan kinerja karyawan
  3. mengefektifkan dan efisiensi tenaga, waktu, dan bahan baku
  4. Menekan biaya produksi
  5. Mengurangi kerusakan barang dan inventaris kantor
  6. Mengurangi tingkat kecelakaan dan kesalahan kerja
  7. Meningkatkan mutu pelayanan
  8. Moral karyawan akan menjadi lebih baik
  9. Meningkatkan karir karyawan, karena keahlian dan juga keterampilan
  10. Memberikan manfaat khususnya bagi konsumen dan masyarakat umumnya perusahaan.
  11. Menjadikan motivasi dan arahan yang terarah
  12. Komunikasi yang dua arah

Fungsi Sumber Daya Manusia

fungsi Human Resources
pixabay.com

Adapun fungsi dari sumber daya manusia diantaranya adalah:

  • Sebagai Tenaga Ahli

Sumber daya manusia berfungsi sebagai tenaga ahli bagi suatu perusahaan atau atau negara yang dia merupakan ahli di bidangnya dan teruji kemampuannya.

  • Sebagai Tenaga Kerja

Man Power atau tenaga kerja merupakan seluruh penduduk di suatu negara yang memiliki usia produktif atau siap kerja.

Tenaga kerja yang mempunyai kemampuan yang berguna dalam menghasilkan suatu produk atau jasa yang bernilai dan tentunya sangat bermanfaat.

  • Sebagai Pemimpin

Pemimpin yang mempunyai kapasitas, integritas, skill dan pengalaman yang cukup tentunya layak untuk dijadikan pimpinan bagi suatu organisasi.

  • Sebagai Pengembang IPTEK

Dalam penemuan dan pengembangan ilmu pengetahuan tentunya sumber daya manusia yang sangat berperan untuk kemajuan dirinya sendiri, lingkungan, dan termasuk orang lain.

  • Tenaga Usahawan

Tenaga usahawan adalah mereka yang yang mempunyai ide kreatif dan semangat mandiri dalam melaksanakan pekerjaan yang menemukan dan menciptakan suatu produk baru.

Selain produk tentunya jasa yang semua itu selain  untuk keuntungan dirinya juga sebagai produk yang bermanfaat untuk orang banyak maupun lingkungan.

Pentingnya Sumber Daya Manusia

pentingnya sumber daya manusia
pixabay.com

Ketika menjalankan suatu organisasi ada beberapa hal penting yang harus dijalankan seperti tugas, visi dan misi. Semua organisasi tentunya memiliki visi dan misi dan pastinya berbeda-beda.

Namun visi dan misi dalam suatu perusahaan akan mengalami kendala ketika proses pelaksanaan apabila salah salah satu aspek ada yang tidak berfungsi maka akan mengalami kendala.

Salah satu aspek yang penting disini adalah Human Resources Development atau Sumber Daya Manusia.

Setiap perusahaan pasti memiliki Divisi Human Resources Development yang posisi merupakan posisi yang krusial dan fundamental di suatu perusahaan karena aspek yang menentukan kemajuan dan keberhasilan perusahaan.

Divisi Human Resources Development  merupakan divisi yang menentukan dan menetapkan standar kemampuan atau skill karyawan dan juga dalam peningkatan kinerja dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

Oleh karena itu manusia adalah faktor utama dan sumber daya yang paling penting untuk mencapai keberhasilan dari visi dan misi perusahaan.

Sehebat apapun aspek yang dimiliki perusahaan baik teknologi, pemasaran atau modal jika aspek sumber daya manusianya tidak optimal maka mustahil visi dan misi perusahaan akan tercapai sesuai harapan.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa

Perusahaan dengan manusia memiliki hubungan yang sangat erat dalam memajukan perusahaan ibarat suatu sistem yang saling berhubungan dan berkontribusi dalam menciptakan suatu prospek yang cerah.

Potensi Sumber Daya Manusia di Indonesia

potensi SDM di indonensia
pixabay.com/

Bumi merupakan salah satu planet yang diketahui mempunyai makhluk hidup yang tinggal di dalamnya seperti hewan, tumbuhan, dan manusia.

Terdapat dua sumber daya yang berpengaruh di bumi ini, pertama yaitu sumber daya alam dan yang kedua adalah sumber daya manusia, sedangkan hewan dan tumbuhan itu termasuk sumber daya alam.

Adapun sumber daya alam tersebar di berbagai penjuru ekosistem di bumi ini dan ekosistem di bumi terbagi menjadi dua bagian, yaitu ekosistem air dan ekosistem darat setiap ekosistem mempunyai berbagai macam jenis.

Ekosistem air dibagi menjadi dua ekosistem pertama ekosistem air tawar dan kedua ekosistem air laut.

Ekosistem air tawar terdiri dari ekosistem danau, sungai, dan rawa-rawa. Sedangkan ekosistem air laut terdiri dari ekosistem laut dalam, pantai, dan ekosistem terumbu karang.

Ekosistem darat antara lain hutan hujan, hutan taiga, hutan musim, ekosistem tundra, ekosistem gurun, padang rumput, dan hutan sabana.

Selain dari sumber daya alam yang ada di bumi ini ada pula sumber daya yang lain yang sangat potensial yaitu sumber daya ini berasal dari manusia dan sumber daya ini di sebut sebagai sumber daya manusia.

Kekuatan Tenaga Manusia di Indonesia

tenaga manusia di indonesia
pixabay.com

Salah satu sumber daya yang potensial di indonesia adalah sumber daya manusia yang mana sumber daya ini berasal dari manusia yang berupa fisik dan kemampuan atau skill.

Indonesia adalah salah satu negara yang dengan keanekaragaman flora dan fauna dan juga di dukung dengan sumber daya manusia yang melimpah.

Potensi-potensi tersebut sangat bermanfaat untuk membangun negara Indonesia menjadi negara yang maju dan juga kaya itupun jika tepat memanfaatkan sumber daya manusianya.

Berikut ini ada 5 potensi sumber daya manusia di Indonesia yang bisa jadi kekuatan:

  • Jumlah Penduduk

Indonesia bisa dikatakan sebagai negara yang penduduknya sangat banyak, jumlah rata-rata penduduk di indonesia sekitar 255 juta penduduk.

Dengan persebaran penduduk di 34 provinsi dan yang paling terbanyak di pulau jawa, pemerintah mencoba merencanakan transmigrasi supaya penduduk indonesia merata.

Beberapa keuntungan dari transmigrasi adalah akan di sediakan berbagai fasilitas berupa alat-alat pertanian karena disana mayoritas menanam tumbuhan.

Keuntungan dari melimpahnya penduduk di suatu negara adalah tidak perlunya mengimpor tenaga asing yang mahal dan juga para sumber daya manusia bisa kita ekspor untung keuntungan devisa negara.

Baca juga: Pengertian manajemen pemasaran menurut para ahli

  • Kualitas Sumber Daya Manusia

Jumlah penduduk banyak tidak serta merta membuat suatu negara akan maju jika tidak disertai dengan sumber daya yang berkualitas baik dari skill dan kemampuan.

Jumlah sarjana yang lulus setiap tahunnya mencapai 250.000, bisa dikatakan setiap Indonesia bisa mencetak tenaga kerja yang mempunyai intelektual sebanyak 250.000 orang.

Namun pada kenyataan tidak semua pekerja intelektual tersebut mendapatkan pekerjaan seperti yang diharapkannya, bahkan angka pengangguran intelektual di Indonesia sendiri mencapai 40%.

Banyaknya sarjana tidak sebanding dengan lowongan pekerjaan sehingga mengakibatkan banyak kaum intelektual tapi menganggur dan itu membuat tenaga intelektual terbuang sia-sia.

Maka dari itu perlu ada rencana pemerintah dalam menanggulangi para sarjana agar potensi pekerja intelektual bermanfaat untuk perkembangan dan kemajuan Indonesia.

  • Kabudayaan

Beberapa hasil dari sumber daya manusia adalah kebudayaan, dengan banyaknya penduduk pastilah banyak pula ragam suku dan budaya yang ini pula membuat negara Indonesia sangat majemuk.

Kebudayaan yang majemuk merupakan daya tarik sendiri untuk para wisatawan untuk berwisata ke Indonesia namun dengan harapan kebudayaan tetap terjaga dan keseimbangan alam tidak terganggu.

Sektor pariwisata merupakan program yang sedang gencar di promosikan melalui proyek Pesona Indonesia tentunya memanfaatkan budaya sebagai daya tarik nya untuk para wisatawan asing.

  • Kaum Intelektual

Salah satu potensi yang dibutuhkan Indonesia adalah kaum intelek yang sumber daya ini tidak mesti seorang sarjana, lulusan SMA/SMK, SMP bahkan tidak bersekolah pun bisa masuk kategori intelektual.

Selama mereka mempunyai pengetahuan dan kemampuan dalam suatu bidang dan berkeinginan memajukan negaranya tentunya dengan adanya fasilitas penunjang dari pemerintah sendiri.

Sumber daya manusia di Indonesia yang memiliki intelektual tinggi sangat banyak namun kadang mereka kurang dihargai sehingga mereka merantau keluar negeri karena negeri luar sangat menghargai mereka.

Hal itu pula yang membuat Indonesia susah maju adalah negara kurang memfasilitasi sumber daya manusia yang ada bisa dikarenakan pemerintahan yang korup dan lain sebagainya.

  • Sinkronisasi Antara SDM dengan SDA

Hubungan antara sumber daya alam dengan sumber daya manusia sangatlah penting, karena yang dapat menggunakan dan menjaga keseimbangan lingkungan sumber daya alam adalah sumber daya manusia itu sendiri.

Menjaga keseimbangan lingkungan dan juga memanfaatkan sumber daya alam sangat diperlukan untuk kemajuan suatu negara, dan indonesia adalah negara dengan potensi keanekaragaman hayati.

Namun jika pemakaian sumber daya alam tidak sesuai dengan semestinya maka keseimbangan alam akan terganggu dan yang rugi negara itu sendiri karena bisa terjadi bencana,

Maka dari itu perlunya sinkronisasi antara sumber daya alam dan sumber daya manusia itu adalah untuk menjaga keseimbangan ekosistem supaya tidak mengalami kerusakan yang sangat parah.

Pengertian Perencanaan Sumber Daya Manusia

perencanaan sdm
pixabay.com

Perencanaan sumber daya manusia adalah proses perencanaan yang tersusun organizing dan juga sistematis agar maksimal aset perusahaan yaitu sumber daya manusia.

Tujuan Perencanaan Sumber Daya Manusia ini adalah untuk memastikan adanya kesesuaian antara pekerja dan juga pekerjaan baik dari segi kualitas atau pun jumlah yang di butuhkan.

Manfaat perencanaan sumber daya manusia bagi perusahaan dalam berbagai aspek kegiatan perusahaan adalah membantu Human Resources Development  dalam mengantisipasi di kemudian hari.

Human Resources Development dalam menemukan kandidat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan bisa secara proaktif memantau atau menyeleksi siapa saja yang pantas.

Human Resources Development harus bisa mengidentifikasi, memilih, dan mengembangkan kemampuan skill tenaga kerja yang dibutuhkan perusahaan sesuai dengan tujuan masing-masing perusahaan.

Proses Perencanaan Sumber Daya Manusia

Proses perencanaan sumber daya manusia secara garis besar terbagi menjadi 4 langkah berikut ini:

  • Persediaan Tenaga Kerja Saat ini

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika akan merencanakan Sumber Daya Manusia yaitu dengan memperhatikan ketersediaan Sumber Daya Manusia yang ada di perusahaan.

Kompetensi, skill, kualifikasi, usia, jabatan, kinerja,kompensasi, jumlah dan lain-lain merupakan aspek Sumber Daya Manusia yang termasuk dalam penilaian studi komprehensif.

Human Resources Development dalam tahap ini untuk memahami tantangan dari sisi Sumber Daya Manusia bisa melakukan wawancara dengan manager tim itupun jika dirasa penting.

  • Kebutuhan SDM di Masa Mendatang

Langkah berikutnya dalam melaksanakan perencanaan Sumber Daya Manusia adalah menganalisa tenaga kerja yang akan dibutuhkan di masa yang akan datang.

Dalam langkah ini Human Resources Development harus mempertimbangkan berbagai variabel seperti promosi jabatan, lowongan kerja dan mutasi karyawan.

Adapun variabel yang nantinya secara tiba-tiba harus dilakukan seperti pemecatan hal-hal seperti itu harus dilakukan pertimbangan yang matang.

  • Perkiraan Permintaan SDM

Human Resources Development harus membuat perkiraan permintaan supaya bisa mencocokkan tenaga kerja yang saat ini dengan perkiraan kebutuhan pekerja dimasa yang akan datang.

Untuk memenuhi kebutuhan perusahaan Human Resources Development harus mengetahui objektif bisnis jangka panjang dan juga strateginya agar sesuai dengan tujuan perusahaan.

Pada intinya Seorang Human Resources Development harus bisa memperkirakan permintaan Sumber Daya Manusia dimasa mendatang.

  • Strategi dan Implementasi Pencarian SDM

Human Resources Development harus mengetahui kekurangan perusahaan dan apa saja yang dibutuhkan kemudian mengevaluasi baik dari supply dan demand Sumber Daya Manusia..

Setelah di evaluasi strategi yang sudah tentukan harus bisa memberikan dampak positif bagi perusahaan dibidang Sumber Daya Manusia.

Human Resources Development harus bisa melakukan perubahan kebijakan terkait masalah Sumber Daya Manusia. Manajemen, penerimaan pegawai, pelatihan, outsourcing.

Apabila diperlukan perusahaan dapat menggunakan jasa konsultan untuk sedikit dalam reaksi negatif yang mungkin terjadi.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *